Pengertian Sastra

Sastra adalah ungkapan ekspresi manusia berupa karya tulisan atau lisan berdasarkan pemikiran, pendapat, pengalaman, hingga ke perasaan dalam bentuk yang imajinatif, cerminan kenyataan.


Sastra adalah suatu bentuk hasil pekerjaan seni kretaif yang objeknya adalah manusia dan kehidupannya menggunakan bahasa sebagai mediumnya.

Pengertian Sastra
Pengertian Sastra.


Menurut Padi (2013:89) mengemukakan bahwa "Sastra adalah kegiatan seni yang menggunakan bahasa dan simbol lainya garis sebagai alat". Dan sedangkan menurut Rafiek (2013:98) mengemukakan bahwa "Sastra adalah objek atau gejolak emisonal penulis dalam mengungkapkan, seperti perasaan sedih, furtasi, gembira dan sebagainya".


Sastra adalah tulisan bahasa yang indah, yakni hasil ciptaan bahasa yang indah dan perwujudan getaran jiwa dalam bentuk tulisan.


Menurut Lianawati (2019: 11) menemukakan bahwa "Sastra merupakan kata serapan dari bahasa sanskerta teks yang mengandung intruksi atau pedoman".


Sastra dibagi menjadi sastra lisan dan sastra tulisan.


Masyarakat yang belum mengenal huruf tidak punya sastra tertulis, hanya memiliki tradisi lisan.

Baca juga Syair Pengertian, Ciri, Bentuk, Macam dan Contohnya

Jadi sobat sertapuisi.blogspot.com, berdasarkan pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa sastra merupakan karya yang terlahir dari sebuah perasaan seseorang dalam kehidupan sosialnya kemudian disusun secara sistematis dan disampaikan secara lisan dan tulisan. Sastra adalah ekspresi, pikiran, perasaan bahkan kejadian yang dialami oleh penciptanya yang dituangkan dalam bentuk karya sastra.

Post a Comment for "Pengertian Sastra"