Pengertian Prosa

Prosa adalah karangan bebas yang tidak terikat oleh banyak baris, banyaknya suku kata, dalam setiap baris serta tak terikat oleh irama dan rimanya seperti dalam puisi. Menurut Saputra, dkk (2021:25) mengemukakan bahwa "Prosa berbeda dengan puisi karena variasi ritme yang dimilikinya lebih besar, serta bahasanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya”.


Taukah sobat sertapuisi.blogspot.com, Kata prosa berasal dari bahasa Latin "prosa" yang artinya "terus terang". Jenis tulisan prosa biasanya digunakan untuk mendeskripsikan suatu fakta atau ide.


Menurut Satinem (2019:14) mengemukakan bahwa "Prosa memiliki arti sebuah karya naratif yang menceritakan sesuatu yang bersifat rekaan, khayalan, tidak berdasarkan kenyataan yang lahir berdasar khayalan.


Prosa adalah kisah atau cerita yang dikembangkan oleh pelaku-pelaku tertentu dengan pemeran tahapan dan rangkaian cerita tertentu yang bertolak dari hasil imajinasi pengarang sehingga menjalani suatu cerita.


Menurut Ramadhanti (2018:4) mengemukakan bahwa "Prosa merupakan karangan bebas yang mengekspresikan pengalaman batin pengarang masalah kehidupan dalam bentuk dan isi yang harmonis yang menimbulkan kesan estetik”.

Pengertian Prosa
Pengertian Prosa.


Kesimpulan

Taukah sobat sertapuisi.blogspot.com, berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa prosa adalah karangan bebas yang tidak terikat. Prosa memiliki arti sebuah karya naratif yang menceritakan sesuatu dalam pengalaman batin pengarang masalah kehidupan.***

Post a Comment for "Pengertian Prosa"