KATA-KATA INDAH UNTUK CINTA DARI SELURUH DUNIA SERTA ARTINYA

Ada begitu banyak cara berbeda buat mengatakan "Aku cinta kamu" dan untuk berbagi cinta.

Bahkan, ada lebih banyak kata untuk "cinta" dengan bahasa di dunia. Izinkan saya menjelaskan dengan sebuah contoh:

Bahasa Indonesia memiliki banyak cara untuk mengatakan "kamu". Ada bentuk sopan, bentuk sangat sopan, bentuk tidak sopan dan bentuk kasar.

Ada berbagai cara untuk menangani pria dan wanita, atasan langsung, atasan yang lebih tinggi, kolega yang lebih rendah, anak laki-laki, anak perempuan, mantan Anda, pacar atau pasangan. Bahkan ada berbagai cara untuk menangani tersangka penjahat tergantung pada apakah mereka baru saja dituduh, diadili, atau telah dihukum.

20 Kata-Kata Indah untuk Cinta dari Seluruh Dunia - dan Terjemahan ke dalam Bahasa Inggris


Apakah semua kata yang berbeda untuk "kamu" ini ada hanya untuk menyindir orang asing yang baru belajar bahasa Indonesia? Tentu saja tidak. Mereka merupakan bagian integral dari budaya Indonesia, dan mereka memberikan wawasan berharga kepada orang asing tentang aspek yang tidak berwujud dari budaya itu, yaitu bahwa status dan hubungan sangat penting di Indonesia.

Demikian juga, ada banyak bahasa yang memiliki beberapa cara berbeda untuk mengekspresikan konsep cinta. Menurut Anda apa yang dikatakan tentang budaya-budaya itu?

Bahasa Inggris memiliki beberapa kata berbeda untuk jenis cinta yang berbeda, termasuk kesukaan, kasih sayang, dan kegilaan (walaupun orang dapat berargumen bahwa tidak semua ini sebenarnya jenis cinta). Tetapi ketika sampai pada kata "cinta" itu sendiri, kata yang satu ini dapat mengekspresikan semua konsep ini dan banyak lagi.

20 Kata-Kata Indah untuk Cinta dari Seluruh Dunia - dan Terjemahan ke dalam Bahasa Inggris


Pertimbangkan kalimat bahasa Inggris berikut ini dengan artinya:
  • I love my husband/wife artinya; Saya mencintai suami / istri saya
  • I love my mother artinya: Saya sayang ibuku
  • I love my best friend terjemahannya: saya mencintai teman baik saya
  • I love learning languages artinya: Saya suka belajar bahasa
  • I love Mondays Artinya: Saya suka hari Senin

20 Kata-Kata Indah untuk Cinta dari Seluruh Dunia - dan Terjemahan ke dalam Bahasa Inggris

Tidak peduli apa jenis cinta yang kita ucapkan dalam bahasa Inggris, kita dapat menggunakan satu kata untuk itu: "cinta - Love". Ini membingungkan bagi sebagian siswa yang sedang belajar bahasa Inggris karena semua bentuk “kamu atau you” berbeda dengan orang yang belajar bahasa Indonesia.

Mengapa konsep cinta romantis ("Aku cinta suamiku / istri") menggunakan kata yang sama dengan cinta orang tua ("Aku cinta ibuku"), atau cinta pada objek?

Dalam bahasa Inggris, kata "cinta atau love" telah dipisahkan sehingga dapat digunakan sebagai pengganti "suka". Dalam beberapa bahasa, perbedaannya sangat penting. Apakah bahasa Inggris dibatasi dengan tidak memberi banyak nilai pada perbedaan ini? Penutur bahasa Inggris satu bahasa mungkin akan mengatakan tidak, tetapi itu karena mereka tidak memiliki apa pun untuk membandingkannya.

Yang benar adalah, semakin banyak bahasa yang Anda pelajari, semakin Anda melihat manfaat dari memiliki berbagai cara untuk merujuk pada "cinta".

Mari kita lihat bagaimana beberapa bahasa mengekspresikan ide cinta. Beberapa bahasa hanya memiliki satu atau dua kata, seperti bahasa Inggris. Yang lain memiliki lebih banyak, dan mereka merupakan bagian integral dari budaya karena semua kata Jepang yang berbeda untuk "kamu atau you" adalah budaya Indonesia.


1. Kata-kata Yunani untuk Cinta

Bahasa Yunani yang terkenal memiliki empat kata utama untuk cinta:

Έρωτας (Erotas) (dikenal sebagai Έρως (Eros) dalam Bahasa Yunani Kuno): Ini hanya merujuk pada cinta romantis atau pacaran. Anda akan mengenalinya sebagai akar dari kata erotis bahasa Inggris

Aγάπη (Agape): Dalam bahasa Yunani Kuno, kata ini menggambarkan cinta spiritual atau cinta kasih, seperti cinta yang dimiliki Tuhan bagi manusia. Kata ini sering digunakan dalam terjemahan Alkitab bahasa Yunani. Dalam bahasa Yunani modern, definisinya lebih luas, dan dapat digunakan untuk mengungkapkan cinta untuk keluarga atau pasangan yang romantis.

Baca: 30 Kata Kata Cinta dan Ungkapan untuk Menunjukkan Perasaan Anda

Φιλία (Philia): Kata umum untuk cinta non-romantis antara yang sederajat, seperti antara teman dan keluarga, atau cinta untuk aktivitas. Anda akan mengenali kata ini sebagai sufiks dari beberapa kata bahasa Inggris, seperti "cinephile" (pecinta film) atau "francophile" (pecinta bahasa Perancis). Kata ini tidak digunakan sesering hari ini seperti di Yunani Kuno.

Baca: Belajar Bahasa Inggris dalam Ucapan Valentine untuk Orang Tersayang penuh arti

Στοργή (Storgé): Ini adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan kasih sayang alami yang ada antara orang tua dan anak-anak. Kata ini juga lebih jarang hari ini daripada di zaman kuno

Baca: Kata-kata Ucapan Selamat Memperingati Hari Anak Nasional


20 Kata-Kata Indah untuk Cinta dari Seluruh Dunia - dan Terjemahan ke dalam Bahasa Inggris

2. Cinta dalam Bahasa Indonesia

Indonesia adalah bahasa tersendiri. Bahasa Indonesia tidak hanya menerjemahkan kata-kata langsung dari bahasa modern atau gaul termasuk Inggris menjadi tanda-tanda, seperti yang dipikirkan banyak orang. Tata bahasa Indonesia juga sangat berbeda dengan tata bahasa Inggris. Bahasa Indonesia memiliki banyak cara untuk mengucapkan kata bahasa Inggris "love" yang apabila diterjemahkan adalah cinta atau sayang:
  • Cinta untuk kata sederhana tapi bermakna, contohnya: "Aku Cinta Kepada Kamu."
  • Cinta untuk menyatakan kesedihan, contoh: Aku harus menerima apabila cintaku harus bertepuk sebelah tangan."
  • Cinta untuk orang tersayang dalam keluarga seperti ibu / bapak / adik / kakak, Contohnya: Aku menyayangi orangtua hari ini dan selamanya."
  • Cinta untuk pacar tersayang, contohnya: cinta dan sayangku tak akan berpaling darimu sayang."
  • Cinta untuk mantan terindah yang pernah menyakiti hati, biasanya ungkapan cinta ini akan berupa sindiran halus, pedas.

20 Kata-Kata Indah untuk Cinta dari Seluruh Dunia - dan Terjemahan ke dalam Bahasa Inggris

3. Kata-kata Jepang untuk Cinta

Seperti yang mungkin sudah Anda duga, bahasa Jepang adalah bahasa yang sangat bernuansa. Ini berlaku untuk konsep seperti "cinta" juga. Meskipun untungnya tidak ada banyak kata untuk cinta sama seperti untuk “kamu”! Ada dua kata utama untuk konsep cinta, tetapi penggunaan masing-masing sangat tergantung pada berbagai faktor budaya.

愛 (Ai): Bergantung pada konteksnya, 愛 dapat digunakan untuk merujuk pada beberapa jenis cinta, termasuk persahabatan, keluarga, dan cinta pada sesuatu atau kegiatan. Ini digunakan sebagai dasar untuk membangun banyak kata yang berhubungan dengan cinta yang berbeda, seperti 愛犬 家 (aikenka; pecinta anjing), 母 性愛 (boseiai; cinta ibu) atau 博愛 (hakuai; filantropi).


恋 (Koi): Kata ini biasanya menyiratkan cinta fisik atau romantis, meskipun dalam konteks tertentu, ini dapat menyiratkan jenis cinta yang lebih "egois". Ini digunakan dalam konstruksi kata-kata yang berhubungan dengan romansa seperti 恋人 (koibito; pacar / pacar), 恋 敵 (koigataki; saingan dalam cinta) atau 初恋 (hatsukoi; cinta pertama).



4. Kata-kata Tamil untuk Cinta

Tamil adalah bahasa Sri Lanka dan dua negara bagian di India. Ini juga salah satu dari empat bahasa resmi Singapura. Akarnya berawal ribuan tahun, memberinya sejarah yang kaya dalam sastra dan puisi.

Menurut beberapa sumber, ada puluhan kata yang berbeda dalam bahasa Tamil untuk mengekspresikan konsep cinta. Berikut ini beberapa kata:

அன்பு (Anpu): Ini adalah istilah umum untuk cinta. Itu bisa menggambarkan cinta romantis, kasih sayang, persahabatan atau pengabdian.

காதல் (Katl): Katl dicadangkan untuk mengekspresikan cinta romantis.

ஆசை (Achai): Ini adalah cinta yang Anda rasakan ketika Anda merindukan seseorang.

பாசம் (Pachm): Perasaan cinta yang sangat terhubung. Anda dapat menggunakan kata ini untuk menggambarkan cinta orang tua, misalnya.

கைக்கிளை (Kaikkilai): Kata ini mungkin tidak memiliki padanan dalam banyak bahasa. Ini digunakan untuk mengekspresikan cinta romantis yang tidak dibalas oleh orang lain. Ini adalah contoh yang bagus tentang bahasa Tamil yang kaya dan bernuansa.



5. Kata-kata Spanyol untuk Cinta

Sementara bahasa Spanyol benar-benar hanya memiliki satu kata benda untuk cinta (love), ketika sampai pada kata kerja "untuk mencintai", ada tiga kata Spanyol yang berbeda untuk dipilih. Ini tergantung pada konteksnya, tentu saja.

Querer: Kata querer adalah istilah umum yang digunakan ketika Anda mencintai seseorang, termasuk teman, keluarga, atau pasangan romantis. Itu juga diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai "ingin", tetapi jangan biarkan itu membingungkan Anda. "Te quiero" tidak setara dengan kalimat bahasa Inggris yang jelas tidak romantis "I want you". Lebih masuk akal untuk melihat kata querer sebagai homonim yang memiliki dua makna berbeda dalam bahasa Spanyol: "cinta" dan "inginkan". Sama seperti kata "cinta" dalam bahasa Inggris juga dapat merujuk pada skor nol dalam tenis, yang tidak ada hubungannya dengan perasaan cinta.

Amar: Amar adalah versi querer yang jauh lebih kuat, dan hanya digunakan secara romantis.

Encantar: Anda mungkin mengenali asal kata bahasa Inggris "enchant" dalam kata kerja bahasa Spanyol encantar. Kata ini paling mirip dengan kata bahasa Inggris "cinta" ketika merujuk pada kegiatan. Ini menunjukkan seperti kuat. Jika Anda mengatakan "Saya suka belajar bahasa Spanyol" dalam bahasa Inggris, maka gunakan encantar untuk terjemahan bahasa Spanyol: "Me encanta estudiar español."



6. Kata-kata Arab untuk Cinta

Bahasa lain yang sangat kaya dan beragam, Arab setidaknya memiliki sebelas kata berbeda untuk cinta. Mulai dari istilah umum yang mirip dengan bahasa Inggris maupun Indonesia, hingga istilah yang sangat spesifik untuk fase cinta tertentu yang mungkin Anda lalui saat jatuh cinta dengan seseorang. Berikut adalah beberapa kata kunci dari spektrum itu:


حب

(Habb): Ini adalah kata umum untuk "cinta". Ini dapat menggambarkan cinta romantis, atau cinta untuk keluarga, kegiatan atau objek. Anda mungkin mengenalinya sebagai akar dari istilah Arab habib sayang (untuk pria) dan habibi (untuk wanita).


عشق

(‘Ishq): Ketika Anda berada dalam" fase bulan madu "cinta dan merasakan cinta yang penuh gairah untuk pasangan Anda,’ ishq adalah kata yang digunakan. Perasaan yang Anda miliki ketika cinta awal yang Anda rasakan untuk seseorang kini telah berakar. Bahkan, asal kata ini berasal dari kata Arab untuk "anggur". Ini menyampaikan kesan cinta yang telah ditanamkan di hati Anda sehingga bisa tumbuh menjadi gairah.


شغف

(Shaghaf): Kata ini dicadangkan untuk cinta atau nafsu yang membara. Anda dapat menggunakannya untuk menggambarkan jatuh cinta dengan seseorang.


حنان

(Hanaan): Hanaan memiliki beberapa makna, termasuk kasih sayang, kelembutan, dan perhatian penuh kasih. Itu adalah nama depan umum Arab untuk anak perempuan.


7. Kata-kata Irlandia untuk Cinta

Bahasa Irlandia adalah bahasa resmi pertama di negara asal saya. Orang-orang sering terkejut mengetahui bahwa itu sangat berbeda dari bahasa Inggris, menjadi bahasa Celtic daripada bahasa Jerman. Berikut adalah beberapa kata Irlandia untuk mengekspresikan cinta:

Grá: Ini adalah kata serbaguna untuk cinta, yang secara umum dapat digunakan dengan cara yang sama dengan kata Inggris "cinta" (untuk orang yang mencintai, tempat, pasangan romantis, dll.)

Cion: Cion secara kasar diterjemahkan sebagai "kasih sayang", seperti cinta yang mungkin Anda miliki untuk seorang anak.

Searc: Ini digunakan untuk menggambarkan cinta romantis atau "cinta sejati".

Cumann: Gunakan cumann ketika Anda ingin mengekspresikan cinta dan persahabatan yang ada di antara teman-teman.



8. Kata-kata Sansekerta untuk Cinta


Bahasa Sansekerta adalah bahasa klasik yang telah memengaruhi bahasa-bahasa modern Asia Selatan dan Tenggara, paling tidak sebanyak bahasa Yunani dan Latin memengaruhi bahasa-bahasa Eropa modern. Bahasa ini memiliki 206 kata untuk cinta yang mencengangkan. Berikut ini hanya contoh kecil dari spektrum luas kata-kata Sanskerta untuk cinta.

स्नेह (Sneha): Cinta atau kasih sayang ibu.

Baca: Berikut Ucapan Hari Ibu dengan Kata-kata Mutiara Terbaru 2018/2019

काम (Kama): Erotis atau cinta asmara. Anda mungkin mengenali kata ini dari judul teks kuno yang terkenal, Kama Sutra.


अनुरक्ति (Anurakti): Cinta atau kemelekatan yang penuh gairah.


रति (Rati): Kata ini awalnya dimaksudkan untuk menikmati atau menikmati sesuatu atau seseorang. Makna telah berkembang untuk menyiratkan keinginan fisik atau cinta.


िय्रिय (Priya): Berarti "sayang" atau "dicintai", Priya adalah nama umum yang diberikan untuk anak perempuan di India dan Nepal.



9. Cinta dalam Bahasa Klingon

Tidak banyak yang bisa dikatakan di sini. Bahasa Klingon, dari alam semesta fiksi Star Trek disimpulkan tidak memiliki kata-kata untuk cinta. Tutup terjemahan termasuk "tidak membenci" dan "kehormatan". Menurut Anda apa yang dikatakan tentang budaya itu?

Ini hanyalah contoh kecil dari semua cara berbeda di dunia untuk mengekspresikan emosi kompleks yang terkait dengan cinta. Jika Anda mengetahui bahasa lain yang memiliki banyak cara untuk menggambarkan berbagai jenis cinta, atau bahasa yang bernuansa cinta tidak dapat langsung diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, saya ingin mendengarnya karena Anda hanya membutuhkan membaca ini kurang dari 20 menit kemudian menyimpulkannya.

Post a Comment for "KATA-KATA INDAH UNTUK CINTA DARI SELURUH DUNIA SERTA ARTINYA"