Puisi Pendek Pramuka tentang Api Unggun


Puisi pendek pramuka adalah merupakan salah satu bentuk karya sastra puisi yang dapat mempengaruhi emosi pembaca melalui syairnya. Meskipun kata-kata yang digunakan singkat tetapi puisi pendek pramuka tetap memiliki makna yang dalam.


Adapun makna Pramuka adalah merupakan singkatan dari praja muda karana, yang memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya. Pramuka adalah merupaka sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.


Sementara api unggun pramuka dimaknai simbol kebersamaan.


Umumnya prosesi menyalakan api unggun di malam hari dilaksanakan pada puncak dari seluruh rangkaian kegiatan Persami, Jambore, dll. Dalam Pramuka, api unggun dimaknai sebagai simbol kebersamaan antara sesama anggota kepramukaan.


Umumnya ada tiga makna filosofi dari api unggun. Pertama, api berkobar bermakna semangat yang membara. Kedua, api yang panas simbol kekuatan. Ketiga, api bercahaya mengandung artipetunjuk persaudaraan dan persatuan.


Jadi sahabat sertapuisi.blogspot.com, Sebagai seorang pramuka, dari kegiatan gerakan pramukan ini harus bisa mengambil pelajaran dan pengalaman yang berharga sebagai bekal untuk menjadi lebih baik, jadilah penerang bagi orang lain, pelopor kebaikan baik di sekolah, keluarga ataupun masyarakat, disamping itu pula tunjukkan teladan yang baik bagi orang lain, jadilah seperti cahaya api yang mampu memberikan kehangatan kepada orang lain, ya sahabat sertapuisi.blogspot.com.


Jadi yuk, sahabat sertapuisi kita tunjukkan semangat-semangat jiwa praja muda. Berikut adalah contoh puisi pendek pramuka tentang simbol kebersamaan api Unggun.


Seonggok kayu itu,
Menciptakan kenangan kebersamaan yang menyorakkan,
malam.
Kobaran nya,
seolah melukiskan... Semangat-semangat,
rakyat muda yang suka berkarya, jiwa praja muda karana.
Kilatan cahaya nya,
membisukan malam.
Meninggalkan kebisuan,
dalam kegeningan
Namun, ia memberikan kehangatan kepada orang lain.

Itulah contoh puisi pendek pramuka yang dapat dipost semoga bermanfaat ya, sahabat sertapuisi.blogspot.com.

Post a Comment for "Puisi Pendek Pramuka tentang Api Unggun"