Makna Hari Raya Idul Adha Beserta Puisi yang Inspiratif

Makna Hari Raya Idul Adha Beserta Puisinya


Setiap tahunnya, umat Islam di seluruh dunia menyelenggarakan dua hari raya yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Jika Idul Fitri diselenggarakan pada tanggal 1 Syawal setelah bulan ramadhan berakhir, maka Idul Adha diselenggarakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah.

Baca juga 10 Contoh Puisi Keren Bertema Idul Adha, Penuh Inspirasi

Pada tahun 2023 ini, hari raya Idul Adha akan diselenggarakan pada tanggal 29 Juni 2023 nanti. Sebelum hari raya tersebut dimulai, alangkah lebih baik kita belajar dulu mengenai makna hari raya Idul Adha dan puisinya berikut ini:


Makna Hari Raya Idul Adha

Secara bahasa, kata Adha berasal dari kata Bahasa Arab yang berbunyihewan sembelihanyang berarti hewan sembelihan.


Hal ini karena masyarakat muslim di seluruh dunia merayakan hari raya ini dengan menyembelih hewan kurban entah itu berupa kambing, sapi atau hewan lainnya.


Secara istilah, Adha atau Idul Adha adalah hari raya umat muslim yang mana pada hari tersebut, umat muslim di seluruh dunia menyembelih hewan kurban sebagai rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah S.W.T. Dengan demikian, makna penyembelihan hewan kurban pada pada hari raya idul adha adalah untuk mengucapkan rasa syukur keharibaan Allah S.W.T atas nikmat yang telah diberikan.


Dalam kultur masyarakat Indonesia, hari raya ini juga memiliki nama lain seperti, lebaran qurban dan lebaran haji. Alasan mengapa hari raya qurban disebut juga dengan idul haji atau hari raya haji adalah karena hari raya ini terjadi pada bulan Dzulhijjah, yaitu bulan dimana orang-orang dari seluruh dunia datang ke Makkah al-Mukarromah untuk mengikuti ibadah haji.


Puisi Hari Raya Idul Adha

Selain berkaitan dengan sejarah maupun hewan kurban, kata Adha pada hari raya ini juga berkaitan dengan beragam kegiatan lomba, ucapan termasuk puisinya loh. Puisi hari raya Idul Adha seperti dishare dalam artikel sertapuisi.blogspot.com:


Sajak Hari Kurban

Karya El Faza
Rerumputan hijau merayu,
melambai-lambaikan pucuknya,
bergoyang oleh angin berhembus,
menggoda deru nafasku yang kembang kempis.

Takbir terdengar sedari subuh,
hati sendu semakin tersentuh,
menemani lantunan-lantunan terakhir tasbihku.

Kurang dari enam puluh menit,
para penjagal akan menuntunku,
kuhaturkan pujian,

"Ya Allah, terimakasih.
Ini hari bahagiaku,
menjadi tunggangan mulia hamba-Mu,
menuju surga meraih ridha-Mu."


(Dapatkan update tulisan pilihan serta artikel terbaru kami setiap hari dari Sertapuisi.blogspot.com. Terus Kunjugi website "Sertapuisi.blogspot.com pilihan", caranya klik link https://sertapuisi.blogspot.com/, kemudian pilih pembahasan galeri karya sastra sesuai yang ingin dibaca. Anda dapat memilih bacaan dari postingan kami juga sebagai referensi.)

Tag #IdulAdha

Post a Comment for "Makna Hari Raya Idul Adha Beserta Puisi yang Inspiratif"