HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL 2022: TANGGAL, INFORMASI, TEMA (UCAPAN)

https://sertapuisi.blogspot.com/
Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2022 akan dirayakan atau diperingati pada 10 Agustus



Sertapuisi.blogspot.com: Sejarah Hari Kebangkitan Teknologi Nasional diperingati setiap tahun tanggal 10 Agustus. Mengutip situs resmi Hakteknas tentang latar belakang mengapa Indonesia memperingati Hakteknas (singkatan dari: Hari Kebangkitan Teknologi Nasional) bahwa di Bandung pada tanggal 10 Agustus 1995, terdapat peristiwa Penerbangan perdana pesawat buatan anak bangsa N-250 Gatot Kaca. Peristiwa pada tanggal 10 Agustus ini menjadi tonggak sejarah kebangkitan teknologi Nasional. Jadi inilah alasan mengapa Tanggal 10 Agustus ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) dan ditetapkan berdasarkan Keppres Nomor 71 Tahun 1995.



Hari ini dianggap sebagai salah satu pencapaian terbesar di bidang sains, teknologi inovasi dan membuat kita merasa bangga bahwa kita adalah warga negara Indonesia.


PENETAPAN RESMI TENTANG HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL

Pada 10 Agustus 1995, Indonesia mencapai terobosan teknologi besar dengan berhasil melakukan uji coba Penerbangan perdana pesawat buatan anak bangsa N-250 Gatot Kaca di Bandung. Juga pertama, pesawat asli karya anak bangsa jenis pesawat baru N-219 kembali diterbangkan pada tahun 2017 pada hari ini menjadi momentum bersejarah dan Indonesia berhasil melakukan uji coba di bidang sains, inovasi khususnya iptek dan inovasi pada hari istimewa tersebut.


Mempertimbangkan pencapaian teknologi di atas pada tanggal tertentu yaitu 10 Agustus, maka hari 10 Agustus dipilih untuk diperingati sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (disingkat: Hakteknas).


Bahkan pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi telah melembagakan Penghargaan Nasional kepada keprihatinan industri yang telah menunjukkan keunggulan dalam mengkomersialkan teknologi asli anak Bangsa.


TEMA HAKTEKNAS 2022: "RISET DAN INOVASI UNTUK KEDAULATAN PANGAN DAN ENERGI"

Mengangka tema "Riset dan Inovasi untuk Kedaulatan Pangan dan Energi” diharapkan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-27 tahun 2022, startup Pangan dan Energi Indonesia mampu mendorong juga memotivavsi market nasional dalam bidang industri kreatif, enterpreneur, dan berkelas internasional.



Selain itu, Dalam hubungannya dengan ketersediaan pangan, riset dan teknologi yang diperlukan adalah untuk peningkatan produksi, minimalisasi kehilangan pasca panen, peningkatan keamanan pangan, peningkatan nilai gizi, teknologi pengawetan dan pengolahan, serta pengembangan produk baru. Salah satu teknologi yang memegang peranan penting adalah teknologi pangan.


Teknologi pangan, terutama teknologi penanganan bahan hasil pertanian, teknologi penyimpanan, teknologi pengolahan, teknologi pengemasan pangan, teknologi distribusi pangan, dan lain sebagainya mempunyai peran penting dalam menekan kehilangan, meningkatkan keanekaragaman pangan, meningkatkan keamanan pangan, dan meningkatkan nilai gizi pangan.


Untuk bisa memberikan apresiasi mengenai betapa pentingnya peranan teknologi pangan dan energi, seseorang perlu memahami ciri-ciri produk pangan hasil pertanian. Umumnya produk-produk pangan dan hasil pertanian bersifat musiman, mempunyai mutu beragam, mudah rusak (high-risked food perishability), dan mempunyai kekhasan lokal (mempunyai keterkaitan dengan daerah yang spesifik). Dalam hal ini, riset dan teknologi untuk pangan dan energi mempunyai peran penting untuk menyimpan dan mengolah produk hasil pertanian tersebut menjadi aneka produk olahan yang aman, awet, dan layak dikonsumsi manusia sehingga tidak akan terjadi kehilangan (losses) yang mubazir. Tidak hanya itu, pengolahan pangan juga akan mempermudah penanganan dan distribusi (sehingga harga pangan bisa ditekan), memberikan variasi jenis olahan pangan (makanan/minuman), meningkatkan dan/atau mempertahankan mutu dan gizi pangan, serta secara keseluruhan mampu meningkatkan nilai ekonomis produk pertanian. Jadi, dalam hal ini riset dan teknologi merupakan instrumen penting dalam upaya meningkatkan baik ketersediaan, akses, maupun kualitas konsumsi pangan.


PROGRAM PENGEMBANGAN TEKNOLOGI DALAM PESAN NASIONAL

Salah satu tujuan utama pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) adalah untuk mempromosikan pengembangan teknologi di berbagai bidang. Ristekdikti telah mendukung proyek pengembangan Teknologi yang mencakup bahan, perangkat, dan proses.


Program ini mendukung kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan teknologi baik di daerah maju / berkembang dan di sektor / daerah tradisional. Di bawah Program, kelayakan ide / konsep segar juga dinilai untuk potensi konversi menjadi teknologi / produk yang bermanfaat.


KATA-KATA MOTIVASI TENTANG TEKNOLOGI DARI TOKOH PERUSAHAAN STARTUP TERKENAL DUNIA

1. Banyak perusahaan telah memilih untuk berhemat, dan mungkin itu adalah hal yang tepat untuk mereka. Kami memilih jalur yang berbeda. Keyakinan kami adalah jika kami terus menempatkan produk-produk hebat di depan pelanggan, mereka akan terus membuka dompet mereka. - Steve Jobs, Apple


2. Teknologi bisa menjadi pelayan yang bermanfaat tetapi tuan yang berbahaya - Christian Louis Lange


3. Dunia semakin terhubung melalui teknologi dan perjalanan. Masakan sedang berevolusi. Beberapa orang takut akan globalisasi, tetapi saya pikir orang akan selalu bangga dengan warisan budaya. - John Mackey


4. Teknologi baru tidak baik atau jahat dalam dirinya sendiri. Ini semua tentang bagaimana orang memilih untuk menggunakannya. -David Wong


5. Hanya karena sesuatu tidak melakukan apa yang Anda rencanakan, tidak berarti itu tidak berguna. –Thomas Edison


6. Setiap teknologi yang cukup maju setara dengan sihir. - Arthur C. Clarke

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2022

7. Kemanusiaan memperoleh semua teknologi yang tepat untuk semua alasan yang salah. –R. Buckminster Fuller


8. Teknologi informasi dan bisnis menjadi terjalin erat. Saya tidak berpikir siapa pun dapat berbicara secara bermakna tentang yang satu tanpa membicarakan yang lain. - Bill Gates


9. Saya pikir novel-novel yang meninggalkan teknologi salah menggambarkan kehidupan sama buruknya dengan orang-orang Victoria yang salah menggambarkan kehidupan dengan meninggalkan seks. –Kurt Vonnegut


  10. Teknologi memungkinkan populasi besar; populasi besar sekarang membuat teknologi sangat diperlukan. –Joseph Wood Krutch


11. Janji utama teknologi adalah untuk membuat kita menguasai dunia yang kita perintah dengan menekan sebuah tombol. –Volker Grassmuck


12. Berbagi itu baik, dan dengan teknologi digital, berbagi itu mudah. -Richard Stallman


SEJARAH ISTILAH KATA TEKNOLOGI MENURUT AHLI BAHASA WIKIPEDIA

Istilah "teknologi" menjadi terkenal pada abad ke-20 sehubungan dengan Revolusi Industri Kedua. Makna istilah ini berubah pada awal abad ke-20 ketika para ilmuwan sosial Amerika, dimulai dengan Thorstein Veblen, menerjemahkan ide-ide dari konsep Jerman Technik menjadi “teknologi.” Dalam bahasa Jerman dan bahasa Eropa lainnya, ada perbedaan antara technik dan technologie yang tidak ada dalam Bahasa Inggris, yang biasanya menerjemahkan kedua istilah sebagai "teknologi." Pada 1930-an, "teknologi" tidak hanya merujuk pada studi seni industri tetapi juga seni industri itu sendiri. Lalu bagaimana kita merayakan hari kebangkitan Teknologi Nasional di Indonesia?


CARA MERAYAKAN PERINGATAN HARI TEKNOLOGI NASIONAL (HAKTEKNAS)

Indonesia adalan negara berkembang pada tingkat internasional namun masih tertinggal dalam banyak aspek pengembangan Sains dan Teknologi. Orang-orang Indonesia yang memiliki pengetahuan IPTEK yang baik pergi ke luar negeri dan bekerja untuk negara lain. Ini tidak membantu membangun infrastruktur Indonesia. Kita harus menciptakan infrastruktur sedemikian rupa sehingga orang mendapat motivasi untuk bekerja di negaranya sendiri.


Sementara ada kriteria lain yaitu beberapa orang yang tidak memiliki pengetahuan IPTEK yang baik.


Mungkin ada berbagai alasan di baliknya seperti contoh: Tidak memiliki kepentingan pribadi, Tidak memiliki kesadaran diri tentang sains atau Tidak mendapatkan pendidikan yang layak dalam sains.


Apa yang kita semua perlu lakukan adalah pada peringatan Hakteknas (hari Kebangkitan Teknologi Nasional) yang ke-27 ini pada 10 Agustus tahun 2022, bahwa kita membuat orang-orang sadar agar mereka terdidik dan berusaha memberikan minat pada Sains dan Teknologi. Maka orang-orang itu dapat melakukannya dengan baik di bidang sains. Satu hal yang ingin kita jelaskan adalah bahwa Anda tidak perlu menjadi kaya atau luar biasa untuk menciptakan sesuatu dan menjadi ilmuwan. Ini masalah Berpikir Kreatif dan melakukan banyak kerja keras untuk mendapatkannya.


Berikut adalah beberapa tips yang harus kita lakukan di hari kebangkitan Teknologi Nasional 2022 yang ke-27 dari sertapuisi.blogspot.com:
  1. Saluran media mencoba untuk mempromosikan sains dan keuntungannya dalam berbagai bentuk seperti radio, koran, televisi, majalah, medsos dll.
  2. Ini bukan masalah peringatan hari Teknologi nasional maka kita harus terus bekerja di bidang ini. Untuk itu saluran media harus harus mempromosikan sains dan teknologi dalam interval waktu yang teratur.
  3. Kita harus memberi waktu dalam menonton saluran yang berkaitan dengan Sains dapat memahami penerapan sains di dunia nyata
  4. Jangan mencoba menghafal sains tapi mencoba merasakan sains. Maka hanya Anda yang mendapat inspirasi nyata. Anda juga dapat mengunjungi Museum Sains dan Teknologi bangsa kita seperti Museum Iptek TMII Jakarta, Puspa Iptek Sundial, Bandung, Museum Pusap Peragaan Iptek, Museum Listrik dan Energi Baru, Museum Telekomunikasi, dll.



LOGO HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL 2022 KE-27

Adapun logo resmi untuk Hakteknas yang ke-27 Tahun 2022 adalah seperti gambar dibawah:
https://sertapuisi.blogspot.com/


TEMA HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL 2022 KE-27

Adapun logo resmi untuk Hakteknas yang ke-27 Tahun 2022 adalah “Riset dan Inovasi untuk Kedaulatan Pangan dan Energi”.


KATA HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL 2022: TANGGAL, INFORMASI, TEMA (UCAPAN) KE-27

Dalam menyambut tanggal 10 Agustus 2022 untuk peringatan Hakteknas ke-27 tiada kata yang paling indah selain ucapan doa semoga dalam memperingati pencapaian terbesar di bidang sains, teknologi Riset dan Inovasi di Indonesia sebagai Hari kebangkitan teknologi nasional mampu mambangun semangat bangsa untuk berinovasi dalam iptek terutama untuk Kedaulatan Pangan dan Energi. demikian dari sertapuisi.blogspot.com dan izinkan penulis mengucapkan selamat Hakteknas yang ke27 tahun 2022 di 10 Agustus ini. ***

Post a Comment for "HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL 2022: TANGGAL, INFORMASI, TEMA (UCAPAN)"