KATA-KATA UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI HARI ISRA MIRAJ NABI MUHAMMAD SAW 1444 H 2022/2023

Kumpulan Ucapan Kata Mutiara untuk caption bermakna di Hari Isra Mi'Raj Nabi Muhammad SAW - Udah tau belom kalo kapan hari Isra Mi'Raj? Isra Mikraj, Isro Mi'roj, al-Isra wal-Miraj atau bisa disebut dengan Isra dan Miraj merupakan perayaan atau peringatan bersejarah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW juga dimaknai sebagai salah satu peristwa besar dalam perjalanan Islam.


Dalam kalender Islam, Isra dan Mi'raj diperingati pada tanggal 27 bulan Rajab, bulan ketujuh Kalender Hijriyah. Di beberapa negara dunia temasuk Indonesia, perayaan atau peringatan Hari Isra Mi'Raj Nabi Muhammad SAW ditetapkan sebagai hari libur Nasional keagamaan. Umumnya menyambut perayaan diselenggarakan acara kegiatan untuk memperingatinya walaupun terkadang banyak yang mengadakan acara tersebut tidak di harinya.


Sebagai umat Islam baik Indonesia atau muslim dunia tentu sangat perlu mengetahui makna dari memperingati Hari Isra Mi'Raj Nabi Muhammad SAW karena acara ini juga bertujuan untuk menanamkan nilai Agama khususnya anak-anak dan umumnya seluruh muslim dari berbagai usia. Oleh sebab itu sangat penting memaknai peringatan atau perayaan ini sebagai salah satu cara dalam mengkampanyekan kata-kata motivasi kepada teman, sahabat, pacar ataupun mantan terindah melalui ucapan "Selamat Hari Isra Mi'Raj Nabi Muhammad SAW". Tentunya banyak terdapat artikel berupa tulisan maupun video bertema ucapan selamat buat menyambut hari spesial ini bahkan tidak harus menunggu hari H-nya. Kata sambutan dalam peringatan hari Hari Isra Mi'Raj Nabi Muhammad SAW bisa dirangkai lewat ucapan indah juga istimewa namun bukan sekedar kata-kata mutiara, kata-kata motivasi semangat, quotes tanpa tema jelas karena sangat lucu apabila contoh; kata kata ucapan, puisi, pantun ataupun caption tersebut kurang bertema menyentuh hati.

KATA-KATA UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI HARI ISRA MIRAJ NABI MUHAMMAD SAW 1444 H 2022/2023
Gambar: Kata-Kata Bijak Ucapan Selamat memperingati hari Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW


Oh iya, cuma sebatas gambar an aja, sebenarnya Hari Isra Mi'Raj Nabi Muhammad SAW adalah dirayakan dengan tanggal yang berbeda-beda tiap tahun masehinya termasuk di Indonesia. jadi gimana sebelum membahas tentang kata-kata ucapan "Selamat Memperingati Selamat Memperingati Hari Isra Mi'Raj Nabi Muhammad SAW 1444 H 2022/2023". sertapuisi ulas pengertian hingga sejarah singkatnya dahulu.




ISRA MIRAJ NABI MUHAMMAD SAW

Menurut Al-Quran Surah Al-Isra ayat 1 tentang peristiwa Isra Mi'raj, dimana terjemahannya:
"Mahasuci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kekuasaan) kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat."


Sedangkan secara etimologi Isra Mi'raj adalah dua peristiwa penting yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam semalam. Ini memaknai dua kata yaitu Isra dan Miraj.


Isra berarti peristiwa perjalanan Rasulullah SAW dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa sebagaiman dikatakan dalam Al-Qur'an diatas. Sedangkan Mi'raj berarti peristiwa perjalanan Rasulullah SAW dari bumi ke sidarul muntaha atau langit ke tujuh. Kedua kata Isra dan Miraj berasal dari bahasa Arab.

Di berbagai negara dunia, Isra Miraj umumnya disebut dengan bahasa yang berbeda contohnya.
  • BAHASA INDONESIA : Isro Miroj, Isro Miraj, Isra dan Miraj, Isra Mikraj,
  • BAHASA INGGRIS, AUSTRALIA, KANADA, AMERIKA SERIKAT : Isra and Mi'raj, Lailatul Miraj
  • BAHASA JERMAN : Isra und Mi'radsch (Himmelfahrt Mohammeds)
  • BAHASA FRANCIS : Isra et Miraj


MENGAPA ISRA MI'RAJ DIPERINGATI

Memperingati Hari Isra Mi'Raj Nabi Muhammad SAW tentunya memiliki tujuan khusus, diantara tujuan-tujuan tersebut.

1. Meningkatkan Keimanan dan ketaqwaan salah satunya dengan melaksanakan Shalat 5 Waktu yang merupakan rukun Islam.

Sebagaimana diketahui Isra Mi'raj adalah perayaan dari peristiwa-peristiwa menakjubkan ini. Umat Muslim percaya bahwa Nabi Muhammad adalah satu-satunya orang yang pernah masuk ke hadirat Allah SWT. Umat ​​Muslim juga menggunakan fenomena Kenaikan untuk menekankan pentingnya Shalat. Setiap perintah lain dari Tuhan diberikan di bumi, tetapi Shalat ditentukan di surga.


2. Refleksi Diri

Peringatan Isra Mi'raj adalah penting untuk merenungkan makna mendalam dari peristiwa-peristiwa besar tersebut dan menemukan pelajaran bagi diri kita untuk diterapkan dalam kehidupan kita di hari ini dan seterusnya. Refleksi dengan tidak menyangkal mukjizat fisik dan spiritual yang terjadi pada Nabi Muhammad (SAW), tetapi itu dimaksudkan untuk membantu kita mengikuti jejaknya dengan harapan untuk bersatu dengannya di Surga di mana kita dapat menyaksikan Wajah Ilahi.

Dalam pengertian bahwa Isra dan Mi'raj merupakan Peristiwa-peristiwa dimana menjadi motivasi, inspirasi juga ajakan bagi kita semua untuk mengikuti Jalan Nabi SAW dan melampaui alam ciptaan untuk sadar akan Hadirat Ilahi.


3. Beriman kepada Allah SWT

Demikian pula, kita harus membuka hati kita dan membiarkannya dibasuh dengan iman, dengan mengingat Allah dan dengan mempercayai-Nya dan mengelilingi fokus kita, hidup kita dan tindakan kita di sekitar Esensi Ilahi.


Tentunya masih banyak hikmah yang kita dapat dengan memaknai peristiwa Isra dan Miraj Nabi Muhammad SAW, jadi sengat penting bagi umat Islam untuk memperingatinya bukan kegiatan acara dengan kumpulan tema bagus atau sekedar ucapan dan kata-kata namun lebih kepada bagaimana hari peringatan ini mampu menginspirasi agarlebih mendekatkan diri kepada Allah SWT terutama tidak meninggalkan Shalat lima waktu.


KAPAN ISRA MI'RAJ DIPERINGATI

Apabila melihat dari kalender hijriah tentu saja peringatan Isra Mi'raj jatuh pada tanggal 27 Rajab setiap tahun kalender Islam. Namun berbeda dengan kalender Masehi, Hari Isra Mi'Raj Nabi Muhammad SAW 1443 H Jatuh pada tanggal 28 Februari 2022 sedangkan Hari Isra Mi'Raj Nabi Muhammad SAW 1444 H Jatuh pada tanggal 18 Februari 2023. Begitupula dengan tahun-tahun selanjutnya akan terdapat perbedaan waktu.


<

BAGAIMANA CARA UMAT ISLAM MEMPERINGATI ISRA MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW

cara masyarakat merayakan isra' mi'raj sangat beragam menyesuaikan kebudayaan mereka namun cara-cara yang dilakukan pada umumnya adalah dengan menghadiri pengajian, tabligh akbar, hingga kegiatan acara di kantor, sekolah, dll.

Pada hari ini, banyak Muslim di seluruh dunia akan merayakan bersama, dalam layanan khusus yang dilakukan oleh banyak masjid. Yang lain akan menandai hari dengan caranya sendiri di rumah, mengajar anak-anak pentingnya acara ini, dan melafalkan doa-doa khusus untuk acara dengan tema ini.


TEMA ISRA MI'RAJ

Peringatan Isra Mi'raj dari tahun ke tahun tentu memiliki tema berbeda baik itu kegiatan acara di kantor hingga sekolah namun dengan tujuan yang sama yaitu meningkatkan keimanan juga mencontoh tauladan Nabi Muhammad SAW. Adapun tema-tema terbaik telah sertapuisi rangkum untuk menyambut hari Isra Mi'raj tahun 2023. Berikut Rangkuman tema tema tersebut:
  • Dengan hikmah Isra' Mi'raj kita tingkatkan keiman dan kinerja guna mewujudkan Indonesia yang maju.
  • Melalui Spirit Isra' Mi'raj Membentuk Karakter Manusia dengan Akhlakul Karimah.
  • Isra Mi'raj untuk meningkatkan disiplin dan moralitas guna mendukung aktivitas belajar di sekolah.
  • Dengan Memperingati Isra Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW, Kita Tingkatkan Jalinan Silaturahmi Antar Umat beragama.
  • Dengan Peringatan Isra Mi'raj Kita Tingkatkan Ukhuwah Islamiah, Ketaqwaan dan Keimanan Kepada Allah SWT.
  • Mantapkan Iman dan Bentangkan Tali Silaturrahmi melalui contoh tauladan yang diberikan oleh Nabi Besar Muhammad SAW.
  • Dengan peringatan Isra' dan Mi'raj ini, mari kita tingkatkan Iman dan Takwa kepada ALLAH SWT, serta menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.
  • Jadikan Isra Mi'raj sebagai Evaluasi Diri dalam Mendekatkan diri kapada Sang Pencipta.
  • Mari Kita Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah Sebagai Wujud Kecintaan Kita Kepada Nabi Muhammad SAW.
  • Memaknai Shalat dan Puasa Dalam Melejitkan Potensi Diri.
  • Memaknai Isra Mi'raj dan Perintah Sholat Untuk Memperkuat NKRI
  • Dengan Semangat Isra Mi'raj Mari Kita Tingkatkan Keimanan Yang Kokoh Untuk Membentuk Pribadi Muslim Yang Sejati.
  • Membangun Keluarga dengan Menghidupkan Sunah Harian Rasul.
  • Dengan Peringatan Isro Miraj Kita Jalin Silaturahmi dan Memetik Makna yang terkandung dalam peringatan Isra Mi'raj.
  • Peristiwa Isra' Mi'raj mengajarkan kita, seberat apapun problem yang kita hadapi banyak pelajaran berharga yang dapat dipetik dalam peringatan Isra Miraj.
  • Isra' Mi'raj Nabi SAW dan Pentingnya Shalat.
  • Ibadah dan Ilmu Sebagai Jembatan Menuju Kebahagiaan Dunia dan Akhirat.
  • Memaknakan Isra' Mi'raj dalam Kehidupan Kekinian.
  • Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad Saw sarana menyelami makna Perintah Sholat.
  • Menggali Nilai Nilai Keteladanan Rosulullah SAW.




KATA-KATA UCAPAN SELAMAT HARI ISRA MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW 1444 H 2022/2023


Untuk kumpulan kata ucapan "Selamat Hari Isra Mi'Raj Nabi Muhammad SAW" sebagai bahan inspirasi yang nantinya bisa kamu kembangkan menjadi puisi, pantun, caption atau hanya ucapan Hari Isra Mi'Raj Nabi Muhammad SAW 1444 H 2022/2023 buat sahabat, mantan kekasih, adik, maupun kakak. berikut ini adalah kata-kata ucapannya.


1. sertapuisi mengucapkan selamat memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Semoga tauladan Rasulullah tetap di hati kita sampai akhir hayat, menjadi pribadi yang lebih baik setiap hari.


2. Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW, Semoga bisa mendapatkan kesempurnaan dalam perjalanan Iman.


3. Bahasa Inggris:
Happy ascension of the prophet Muhammad day

Artinya:
Selamat hari Isra' Mi'raj Prophet Muhammad!


4. Dalam Bahasa Inggris:
Happy Al-Israa Wal Mi'raj.
I'd like to wish you all the best on the great occasion of the Al-Israa Wal Miraj! May Allah's peace and blessings be upon the best of mankind, the most righteous and greatest of Allah's creation, the Prophet Muhammad SAW, who led all the Prophets in prayer in Masjid Al-Aqsa. May we all get the chance to pray in Masjid al-Aqsa one day very soon insha Allah.

Artinya:
Selamat Isra Miraj.
Saya ingin mendoakan yang terbaik untuk Anda pada kesempatan besar Isra Miraj! Semoga damai dan berkah Allah besertanya adalah yang terbaik dari umat manusia, ciptaan Allah yang paling benar dan terbesar, Nabi Muhammad SAW, yang memimpin semua nabi dalam sholat di Masjid Al-Aqsa. Semoga kita semua mendapatkan kesempatan untuk shalat di Masjid al-Aqsa suatu hari nanti segera insya Allah.


5. Selamat Hari Raya Isra Mi'raj bagi umat muslim yang merayakan. Jangan jadikan ini hanya sekedar hari raya namun lebih pada hari memperingati untuk mempertebal iman dan ketakwaan agar kita selamat dunia akhirat.


6. In English:
Hopefully today can be a blessed day for all of us.  Happy Isra' and Mi'raj of Prophet Muhammad SAW, 27 Rajab 1444 Hijri for all Muslims all over the world!

Terjemahannya:
Semoga hari ini bisa menjadi hari yang diberkati bagi kita semua. Selamat Isra 'dan Mi'raj Nabi Muhammad SAW, 27 Rajab 1444 Hijriah untuk semua Muslim di seluruh dunia!


Itulah beberapa kata kata untuk ucapan selamat Memperingati Hari Isra Mi'Raj Nabi Muhammad SAW 1444 H 1444 H 2022/2023. Apabila kamu memiliki ide atau gagasan menarik untuk kata2 ucapan selamat Hari Isra Mi'Raj silahkan.


Izinkan sertapuisi.blogspot.com mengucapkan selamat memperingati Hari Isra Mi'Raj Nabi Muhammad SAW 1444 H 1444 H 2022/2023 Untuk seluruh umat Islam yang merayakannya.

Happy Ascension of The Prophet Muhammad Day / Isra Mi'raj to all our Muslim friends!!

Post a Comment for "KATA-KATA UCAPAN SELAMAT MEMPERINGATI HARI ISRA MIRAJ NABI MUHAMMAD SAW 1444 H 2022/2023"