KATA KATA MUTIARA BESERTA UCAPAN SELAMAT MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1444 H 2022-2023

https://sertapuisi.blogspot.com/
Kata Mutiara Untuk Ucapan Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H 2022-2023.


Sertapuisi.blogspot.com, Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW tentu banyak sekali contoh tema yang bagus dalam jadwal peringatan hari kelahiran Beliau. Maulid Nabi (Bahasa Inggris: Mawlid an Nabi) biasanya dikatakan sebagai bulan mulud di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal penanggalan Hijriyah.


12 Rabiul Awal 1444 H Tahun 2022-2023 diperkirakan berada di Sabtu, 8 Oktober Tahun 2022. Tentu di 2022 pada bulan Rabiul Awal terdapat amalan dan doa sebagai awal menyambut Maulid Nabi SAW termasuk juga amalan lainnya selain menggelar peringatan tersebut.


Menjelang peringatan Maulid Nabi bahkan kita bisa mendapati telah beredar jadwal maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2022 serta 2023 yang bisa didownload dari sumber terpercaya. Ini penting buat teman supaya memiliki jadwal maulid agung apabila berencana mengetahui tempat digelarnya acara dengan melihat jadwal tersebut.


Perayaan Maulid Nabi di tiap tempat memiliki jadwal acara berbeda akan tetapi tujuannya tetap sama yaitu melantunkan bacaan doa juga shalawat kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW. Pastinya terlepas dari perbedaan pandangan mengenai apakah maulid nabi bid'ah atau tidak itu kembali di keyakinan masing-masing mengenai kebid'ahan tersebut. Kita berharap semua saling menghargai perbedaan supaya menghidari perpecahan karena perbedaan itu indah asal ditanggapi dengan positif.


Nilai-nilai positif dari saling menghargai bukan sekedar kata-kata bijak namun harus disikap melalui tindakan sehingga hikmah maulid nabi bisa didapati. Semoga semua hikmah-hikmah hari perayaan maupun peringatan bukan hanya tentang maulid nabi tapi segala hikmah kehidupan menjadikan kita lebih bijak memaknai juga menyikapi segala hal akhirnya semua nilai kebersamaan bisa diraih.


Selain puisi, Berikut penjelasan Apa itu bulan Maulid, Tema Maulid Nabi SAW serta Kata Kata Ucapan Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1444 H atau tahun 2022/2023 Masehi di sertapuisi.blogspot.com:


Apa itu bulan Maulid

Dalam penggunaan kontemporer, Maulid, Muludan atau Mawlid mengacu pada hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Seiring perkembangan umumnya disebut sebagai perayaan kelahiran Muhammad, istilah Maulid juga mengacu pada "kata secara khusus disusun untuk diucapkan pada perayaan kelahiran Nabi Muhammad" atau "kata yang diucapkan pada hari ke-12 bulan bulan Rabi 'al-awwa Tahun Islam (Hijriyah).


Bacaan Mawlid pada kehidupan sufi. Muslim di dunia bagian barat menjadi mitra dalam perayaan tahunan Muslim pada hari kelahiran Nabi Muhammad bin Abdullah. Sejarah perayaan ini kembali ke hari-hari awal Islam ketika beberapa Tabi`in (penerus Sahabat Nabi) mulai mengadakan sesi di mana puisi dan lagu-lagu disusun untuk menghormati martabat dan teladan yang benar dari Rasulullah dibacakan di kota-kota besar Peradaban Islam.


Meskipun praktek kegiatan acara akbar ini telah menjadi perdebatan diantara para ahli hukum Islam (fuqaha) dan cendekiawan Muslim dan sastrawan (mutakalimun) sejak permulaannya, para penguasa dan intelektual Muslim dari waktu ke waktu telah menyambut untuk menerimanya sebagai bagian dari penyemangat mental dan emosional masyarakat Muslim. Di antara anggota-anggota tarekat sufi di seluruh dunia, perayaan ulang tahun Nabi bukanlah perintah atau kewajiban. Sebaliknya, mereka akan berpendapat, praktik-praktik semacam itu di antara mereka yang percaya adalah kesaksian hidup bahwa orang-orang Muslim pada masa mereka masih setia pada perintah Al-Qur'an sebagai Perintah Bershalawat kepada Nabi saw dan Keluarganya sebagaimana Allah swt berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَ مَلَئكتَهُ يُصلُّونَ عَلى النَّبىّ‏ِ يَأَيهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صلُّوا عَلَيْهِ وَ سلِّمُوا تَسلِيماً

Artinya:
"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi; wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu kepadanya dan ucapkan salam kepadanya." (Al-Ahzab/33: 56)


Terlepas dari bagaimana orang menyakini tentang hal ini, faktanya tetap bahwa Mawlid Nabi sekarang terdaftar di antara hari libur umum di hampir setiap negara Muslim di dunia termasuk Indonesia. Bersama dengan dua Idul Fitri, liburan ini sekarang secara luas dirayakan oleh Muslim dari latar belakang yang berbeda. Mengapa Maulid an-Nabi itu penting, dan apa artinya bagi umat Islam yang terlibat dalam perayaannya? Ini adalah pertanyaan-pertanyaan dan isu-isu terkait lainnya hingga sekarang terjadi.


Asal-usul dan perkembangan Peringatan Ulang Tahun

Para cendikiawan yang akrab dengan perkembangan historis dari praktik-praktik keagamaan Muslim telah mengatakan kepada kita bahwa para sahabat Nabi tidak selalu langsung terlibat dalam praktek Maulid Nabi. Namun, ini tidak berarti bahwa Nabi melarang para sahabatnya menyusun puisi untuk menghormatinya. Harus diingat bahwa selama perjuangan melawan kaum kafir di Mekah, orang-orang Mekah menugaskan penyair untuk menulis puisi negatif tentang Nabi kita. Ini adalah tradisi orang-orang Arab yang menghargai keterampilan verbal dalam perang kata-kata sesekali. Memang terhadap latar belakang ini bahwa seseorang dapat memahami perkembangan berbagai bentuk Qasidahan atas nama Nabi.


Namun, harus dinyatakan secara pasti bahwa Maulid Nabi lebih dari pembacaan puisi. Ini adalah kesempatan spiritual dan sosial bagi umat Islam yang sangat ingin merayakannya. Ini adalah hari peringatan ketika Sirah (kisah hidup Nabi) ditinjau kembali dan ulama dan penyair dalam tradisi Sufi mengingatkan semua umat tentang ajaran Nabi SAW mengenai keberhasilan dan tantangan dari komunitas Muslim muda di Mekkah dan Madinah.


Sebagian besar literatur puisi dan hagiografi yang berkembang selama sejarah Islam berabad-abad muncul sebagai hasil dari antusiasme individu Muslim dengan kehidupan dan masa Nabi. Salah satu Qashidah paling terkenal tentang kehidupan dan masa Nabi berasal dari repertoar yang dikenal sebagai Qashidah Burdah, oleh Syaikh Al-Imam al-Bushiri. Qashidah khusus ini tentang kehidupan dan masa Nabi menginspirasi banyak orang lain dalam berbagai bahasa Muslim.


Orang dapat berargumen bahwa hikmah Mawlid an-Nabi dapat menjadi jembatan moral dan sosial yang menghubungkan banyak kelompok Muslim mungkin memiliki pandangan berbeda dalam hal doktrin tetapi kita mesti menghormati bagi mereka yang merayakan ulang tahun Nabi. Hal ini tentu saja berlaku bagi keseluruhan dari kita berkenaan "Milad Nabi" ini.


Tema Maulid Nabi SAW

Banyak sekali tema-tema yg menarik dalam perayaan Milad Nabi bahkan tema tersebut beberapa diantaranya menjadi bahan terbaik ceramah, Adapun tema-tema Maulid Nabi.
  1. Publik Figur itu adalah Muhammad SAW.
  2. Nabi Muhammad SAW Sebagai Motivator Pembentuk Karakter
  3. Dengan Maulid Nabi Mari Kita Teladani Akhlak Rasulullah dalam Kehidupan Sehari hari.
  4. Membumikan Ketauladanan Rasulullah ke seluruh Aspek Kehidupan Bermasyarakan, Berbangsa dan Bernegara.
  5. Akhlak Rasulullah SAW Sebagai Spirit dalam Mewujudkan Revolusi Mental Ummat dan Bangsa.
  6. Melalui Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H, Kita Aktualisasi Suritauladan Rasulullah SAW dalam Kehidupan Bangsa demi terwujudnya Indonesia Sejahtera.
  7. Mewujudkan Jalinan Ukhuwah Islamiyah dan Menuju Masyarakat yang Tentram.
  8. Kita Tingkatkan Semangat Kebersamaan dan Kesatuan Ummat yang beruswatun Khasanah.
  9. Kita Tingkatkan Iman dan Taqwa untuk membentuk Pribadi berakhlakul Karimah.
  10. Kita Tauladani Budi Pekerti dan Akhlakul Karimah Nabi Muhammad SAW.
  11. Memetik Ketauladanan Muhammad SAW.
  12. Eratkan Tali Silaturahmi, Contoh Suri Tauladan Rasululloh SAW, Jalankan Ibadah dan Muamalah Sesuai Syari'at dan Sunnah.
  13. Jadikan Semangat Maulid untuk berbagi kepada sesama, Wujud Kepedulian Sosial berdasarkan Sunnah Rosulullah.
  14. Jadikanlah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Sebagai Motivasi untuk Menciptakan Generasi yang Unggul dan Islami.
  15. Jadikanlah Keteladanan Nabi Muhammad SAW Sebagai Landasan Motivasi Juang dan Profesionalisme Pemuda dalam Pengabdian kepada Bangsa dan Negara.
  16. Meneladani Integritas Rasulullah dengan Bekerja Cepat, Cerdas, Kreatif, Ikhlas dan Semangat Senang Memudahkan.
  17. Refleksi Kerja Jujur, Kerja Cerdas dan Kerja Tuntas Rasulullah SAW.



Dari contoh kumpulan tema maulid Nabi saw diatas apabila ada yang unik dan menarik bisa dijadikan sebagai ucapan perayaan mawlud di 2022/1444 H.

Kata Kata Ucapan Selamat Memperingati Maulid Nabi

Inilah contoh gambaran dari ucapan selamat untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW, dimana ucapan-ucapan selamat tersebut diharapkan menjadi inspirasi bukan sekedar ucapan dalam kata-kata selamat semata.

Dalam Bahasa Inggris dan Artinya Bahasa Indonesia!

1. "Happy Mawlid an Nabi. May peace always be upon all Muslims in the world. -  Selamat Memperingati Maulid Nabi, Semoga damai selalu menyertai seluruh umat Islam didunia!."


2. "Happy Mawlid Al Nabi, Hopefully many of the meanings we can in remembrance. - Selamat Memperingati Memperingati Maulid Nabi, Semoga banyak makna yang kita dapat dalam memperingatinya."


3. "I wish you happy and blessed Milad un Nabi (Mawlid) 2022. - Selamat Maulid Nabi Muhammad SAW 2022."


4. "Joy comes with the birth of a right path guide, Maulid Nabi . - Kegembiraan telah datang dengan kelahiran sang penunjuk jalan yang lurus, Selamat Maulid Nabi 12 Rabiul Awal 1444 H."


5. "Have a happy Mawlid an Nabi! With the Birthday of the Prophet Let Us Exemplify the Morals of the Prophet in Daily Life. - Selamat Maulid Nabi 2022 dengan perayaan Maulid Nabi mari teladani Akhlak Rasulullah dalam Kehidupan Sehari hari."


Kata Kata Mutiara Maulid Nabi Dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Ini merupakan kumpulan kata bijak ucapan Maulid Nabi SAW dalam bahasa Inggris bersama artinya! cocok dibagikan kepada teman, keluarga, mantan, pacar, rekan, sanak saudara maupun sahabat muslim lainnya lewat caption Instagram, Status FB, Gambar DP WhatsApp.


Adapun contoh Quotes dari kata-kata bijak tersebut:


1. "the joy of Milad un Nabi (Mawlid) with the joy of recitation

"May He never let us stray from his path and from his valuable sunnah for one moment, Mawlid an Nabi. - Semoga Beliau tidak pernah membiarkan kita menyimpang dari jalannya dan dari sunnah berharganya walau sesaat, Saya mengucapkan selamat maulid Nabi SAW."


2.Milad un Nabi is not about Mawlid but how to interpret it correctly and sincerely. Maulid Nabi bukan sekedar peringatan milada namun lebih kepada memaknainya dengan seungguh-sungguh."


3. Muhammad showed us submission and loyalty, the right and the truth, mercy and conscience, justice and virtue, patience and tolerance with his exemplary life. Have a blessed Milad un Nabi. - Muhammad menunjukkan kepada kita kepatuhan dan kesetiaan, hak dan kebenaran, belas kasihan dan hati nurani, keadilan dan kebajikan, kesabaran dan toleransi dengan kehidupan teladannya. Perayaan Maulid Nabi penuh berkah."


4. "The Prophets Birthday is light in the darkness of the ummah. Hari Kelahiran Nabi merupakan cahaya penerang kegelapan ummat."


5. "The birth of our Prophet is a hope for the eternal happiness of all mankind. His vision came over the ignorance and tyranny of persecution. He began a bright age in knowledge and belief.. - Kelahiran Nabi kita adalah harapan untuk kebahagiaan abadi semua umat manusia. Visinya datang dari ketidaktahuan dan tirani penganiayaan. Dia memulai usia yang cerah dalam pengetahuan dan keyakinan.."


Demikianlah tulisan Kumpulan Ucapan Selamat beserta Kata kata Mutiara Maulid Nabi Muhammad SAW 2022-2023 Yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal 1444 H dalam sertapuisi.blogspot.com!!

Post a Comment for "KATA KATA MUTIARA BESERTA UCAPAN SELAMAT MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1444 H 2022-2023"