DOA: PUISI UNTUK ALMARHUM AYAH YANG TELAH TIADA

Kumpulan Doa dalam Puisi buat Ayah yang Telah tiada - Ayah adalah sosok pahlawan bagiku, banyak mengajarkan arti cinta sejati bukan sekedar lewat kata di kehidupan. Melewati hari bersama ayah dan Ibu adalah hal terindah tidak semua orang dapat merasakannya.


Tiada kata-kata yang dapat mewakili bagaimana bahagianya mendapatkan cinta setiap hari dari ibu berserta ayah. Tetapi hari-hari terasa sepi sejak kepergian ayah, bukan hanya kami juga dengan ibu tercinta, kini matahari ibu sang inspirasi telah meninggalkan keluarga selamanya.


Jujur sebenarnya aku sangat rindu dengan ayah yang telah tiada. Cuma lewat puisi diri ini mencoba mengungkapkan betapa mendalam kerinduan kepada almarhum ayah, walaupun bukan puisi yg mengharukan tapi biarlah hanya Tuhan dan Ayah yag mengerti arti dari doa juga puisi untuk almarhum ayah tercinta yang telah tiada.


AYAH ADALAH INSPIRASIKU

Sosok ayah adalah bukan hanya sekedar cinta pertama bagi anak perempuan tetapi inspirasi bagi keluargaku. Arti sosok bapak yang merupakan ayah dalam kehidupan fana ini mengajarkan kami betapa pentingnya peran seorang ayah bagi ibu dan keluarga, walau tidak dapat dipungkiri sangat penting ibu buat kita. Ayah dan Ibu adalah satu kesatuan memberikan perlindungan juga kasih sayang lewat cinta sejati.




Bukan sebatas kata-kata cinta sejati seorang kekasih kepada pacarnya tapi ketulisan juga kemurnian cinta kasih yang tidak bisa diungkapkan lewat kata ketulusan cinta. Beliau merupakan sosok pahlawan bagiku karena mengajarkan apa itu cinta yang sesungguhnya dimana sejatinya menghadapi kerasnya kehidupan ini.




Aku hanya mampu berdoa agar almarhum bapak yang telah tiada agar almarhum diterima disisi Allah SWT dan diterima di surga. Ada kerinduan di hati akan sosok bapak di surga, cuma puisi mengharukan untuk ayah yang dapat kupersembahkan atas rindu ayah di surga.


PUISI RINDU UNTUK ALMARUM AYAH DI SURGA

Karya: Saif

Puisi Rindu Untuk Almarhum Ayah di Surga


Deras hujan mengiring kepergianmu
Kepergian yang telah menjemputmu
Bapak maafkan anakmu yang telah lupa untuk menyayangimu
Hingga engkau pergi meninggalkan rasa rindu


Sirna semangat ini
Sepi jiwa raga tak ladi berisi
Ku coba untuk menerima bahwa engkau telah pergi
Tapi sejak kepergianmu Ayah membuat hari terasa sepi


Air mata terus menguras
Mengingat batapa kepergian ayah meninggalkan penyesalan dari anakmu yang keras
Penyesalan mulai tak berarti
hati hanya mampu merintih


Ayah, anakmu rindu
aku rindu ayah hati ini terasa pilu
untuk menerima kepergianmu
Ayah, aku rindu ayah yang telah tiada kepada siapa diri ini harus mengadu


Dalam doa ku hanya mampu berlinang air mata
mengingat betapa rindu ini semakin terasa
ingin berteriak sekuatnya "aku rindu ayah yang terlah di surga"
Tak ada lagi semangat yang dulu pernah ada


Berontak jiwa dalam hampa
Menangis raga pada kepergian yang ada
Hanya mampu memberi doa untuk ayah yang telah tiada
tetap saja gejolak rindu semakin meronta


Tiada kata-kata mengarukan untuk mu Ayah
Hanya ada kata aku rindu padamu ayah
Mampukah anakmu bertahan tanpa cinta darimu ayah
Biaskah anakmu melewati kerasnya hdup ini ayah


Gemuruh langit mengiringi kepergiamu
Tangis bumi membasahi kuburmu
Tarian sepi menghatui hidupku
Ayah, Aku rindu


PUISI UNTUK AYAH YANG TELAH TIADA DALAM BAHASA INGGRIS


Do not go gentle into that good night,
Old age should burn and rave at close of day;
Rage, against the dying of the light.


My father, there on the sad height,
Curse, bless, me now with your fierce tears, I pray.
Do not go gentle into that good night.
Rage, rage, against the dying of the light.



DOA UNTUK AYAH YANG TELAH TIADA

Sebenarnya ini bukan hanya sekedar doa buat ayah saja akan tetapi juga bisa untuk ayah dan ibu baik itu telah tiada maupun masih hidup. Doa seorang anak kepada kedua orangtua memang WAJIB diberikan sebagai salah satu bakti kita terhadap mereka.



Bacaan doa untuk orangtua dengan bahasa Arab


 اَللّٰهُمَّ وَكَمَا سَرَرْتَــهُمْ بِنَا فِي الْحَيَاةِ، فَسُرَّهُمْ بِنَا بَعْدَ الْوَفَاةِ


Bacaan doa untuk orangtua dengan bahasa Indonesia


Allahumma wa kama saror tahum bina filhayati, fasurhum bina ba'dal wafati - dibaca 3 kali


Artinya :

Ya Allah, sebagaimana Engkau senangkan mereka dengan kami semasa hidup, maka senangkan pula mereka dengan kami setelah mati.





Doa untuk orangtua dengan bahasa Arab


اَللّٰهُمَّ وَمَا تَلَوْنَا مِنْ تِلَاوَةٍ فَـزَ كَّيْتَهَا، وَمَا صَلَّيْـنَا مِنْ صَلَاةٍ فَـتَـقَــبَّـلْتَهَا، وَمَا تَصَدَّقْـنَا مِنْ صَدَقَةٍ فَـنَمَّـــيْـــتَـهَا، وَمَــا عَمِلْــنَـا مِنْ أَعْمَالٍ صَالِحَةٍ فَـرَضِيْـتَـهَا، فَـنَسْأَلُكَ اللّٰهُمَّ أَنْ تَجْعَلَ حَظَّهُمْ مِنْـهَآ أَكْبَـرَ مِنْ حُظُوْظِنَا ، وَقِسْمَهُمْ مِنْـهَآ أَجْزَلَ مِنْ أَقْسَامِنَا، وَسَهْمَهُمْ مِــنْ ثَـــوَابِــهَآ أَوْفَـــرَ مِـــنْ سِهَامِنَا، فَإِنَّكَ وَصَّيْتَنَا بِـبِـرِّهِمْ، وَنَدَبْــتَــنَآ إِلىٰ شُكْرِهِمْ، وَأَنْتَ أَوْلىٰ بِالْبِرِّ مِنَ الْـبَآرِّيْنَ، وَأَحَقُّ بِالْوَصْلِ مِنَ الْمَأْمُوْرِيْنَ




Doa untuk orangtua dengan bahasa Indonesia


Allahumma wa mataluna min tilawatin fazakkaytaha, wama sholaina min sholatin fatakabbaltaha, wama tashoddaqna min shodaqotin fanammaytaha, wama amilna min a'malin sholahtin farodhitaha, fanasaluka allahmuma an taj'al hadz-dzohum minha akbara min hudzu dzina, wa qismahum minha aj dzala min aqsamina, wa shmahum min tsawabiha aw faro min sihamina, fainnaka wa shoytana bibirrihim, wanadabtana ilasyukrihim, waainat awla bil birri minal barrina, wa ahaqqu bil washli minal ma murin.


Artinya:

Ya Allah, bagi setiap ayat suci yang kami baca, shalat kami yang Engkau terima, amal saleh kami yang Engkau ridhai, serta sedekah kami yang Engkau lipat gandakan pahalanya, tolong ya Allah, berilah mereka bagian yang lebih banyak dari bagian kami, dan pahala yang jauh lebih besar dari pahala kami sebab Engkaulah yang mewasiatkan agar kami berbakti dan berbuat baik kepada mereka. Sesungguhnya, Engkaulah yang lebih pantas untuk berbuat baik kepada mereka dari semua yang berbakti kepada orang tuanya, dan Engkaulah yang lebih berhak untuk melakukan kebajikan tersebut daripada mereka yang Engkau perintahkan.

Post a Comment for "DOA: PUISI UNTUK ALMARHUM AYAH YANG TELAH TIADA"