3 Contoh Puisi Singkat Bertema Hari Lahir Pancasila, Penuh Inspirasi

Teman bisa cari beberapa inspirasi puisi bertemakan Hari Lahir Pancasila di sini. Jangan sampai terlewat! Sertapuisi.blogspot.com/Sepot
Teman bisa cari beberapa inspirasi puisi bertemakan Hari Lahir Pancasila di sini. Jangan sampai terlewat!



Sertapuisi.blogspot.com - Tahun ini, Hari Lahir Pancasila disingkat Harlah Pancasila jatuh pada hari Kamis, 1 Juni 2023.


Menjelang Hari Lahir Pancasila 2023, Teman bisa mencari bisa mencari puisi salah satunya untuk merayakan momen ini.


Berikut Sertapuisi telah kumpulkan puisi singkat bertema Hari Lahir Pancasila.


Contoh Puisi Singkat Bertema Hari Lahir Pancasila

1. Pancasila

Karya : Adhitya Widhi Nugroho


Lebih dari lambang negara
Tak hanya sebatas hafalan anak SD
Melainkan gaya hidup Indonesia
Pondasi atas dasar dasar negara
mengikat dan menyatukan perbedaan
menyelaraskan peradaban yang berbeda

Pancasila memang hanya punya 5 pokok
bukan berarti Pancasila terbatas

Luaskan pikiranmu!
Luaskan pandanganmu!
Karena dari 5 dasar pokok itulah Ibu Pertiwi terbentuk

Baca Juga: 3 Contoh Puisi Keren Bertema Hari Kebangkitan Nasional, Penuh Inspirasi

2. Jika Aku Pancasila

Karya : Ela Vinda Anariska

Kamu bilang
Aku ideologi bangsamu
Dijunjung tinggi para petinggi kursi
Disanjung-sanjung, Dibangga-banggakan

Bahkan kamu bilang…
Aku ideologi terbaik di dunia
Aku ada disetiap norma
Ada di setiap ayat dalam undang-undang

Bak udara yang kamu hirup
Aku selalu di sekitarmu
Dijadikan pedoman hidup
Bagi bangsamu
Seperti halnya kehidupan

Tanpa aku bagaimana jadinya bangsamu
Berbagai suku agama ras dan budaya
Berbagai pulau daratan dan lautan ku gapai
Tanpa aku apa kabar entah berantah
Hallo, say good bye!
Tapi kenapa…

Kalian tak menyadari keberadaanku
Kenapa kalian tak mengenaliku
Aku tak ingin dikenal
Dari penampilan luarku saja

Aku tak ingin dikenang
Hanya dari hafalan semata
Sungguh aku ini lebih dari itu!

Pancasila menghela nafas…
Jika aku adalah pondasi rumahmu
Tempatmu berlindung
Dari bentrokan kerusuhan dan permusuhan

Maka lengkapilah rumah itu
Dengan struktur tiang penyangga
Yang kuat nan kokoh
Bahan material bangunan
Yang berkualitas

Jika kau mau
Membangun dan merawatku
Yang hanya sebuah pondasi
Dasaran yang hanya berdiam diri
Menjadi bangunan kokoh
Tak tergoyahkan

Aku pasti bisa melindungi
Segenap tumpah darah bangsamu
Memberi kedamaian, ketentraman
Kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia


3. Aku Pelajar Pancasila

Karya : Adhitya Widhi Nugroho


Akulah pelajar Pancasila
Yang saban hari menata baris-baris asa
Berbicara tentang rasa
Berteriak sebagai penggapai cita-cita

Akulah pelajar Pancasila
Pribadi yang mandiri dan berakhlak mulia
Berpikir kritis dan pantang putus asa
Seriusi mimpi agar menjadi nyata

Pelajar Pancasila itu mencintai diri
Meletak kepentingan bersama di atas kepentingan sendiri
Pelajar Pancasila itu mencintai negara
Berusaha dan berkarya untuk banggakan Indonesia

Aku akan menjadi pelajar Pancasila
Aku akan banggakan diri, keluarga dan negara
Bukan untuk diriku semata-mata
Tapi untuk kamu, aku dan kita


Nah, itu tadi 3 contoh puisi singkat bertema Hari Lahir Pancasila ya.


Apakah Teman tertarik menggunakan salah satu ucapannya?


Jangan lupa sebarkan artikel ini ke keluarga dan orang terdekat, khususnya yang kesulitan mencari inspirasi puisi untuk momentum Pancasila ini.


Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Pengertian Puisi, Syair, Gurindam, Unsur-unsur Pembentuk Teks Puisi

Post a Comment for "3 Contoh Puisi Singkat Bertema Hari Lahir Pancasila, Penuh Inspirasi"