KUMPULAN PUISI-PUISI MENGANGKAT TEMA HARI KEMERDEKAAN INDONESIA

sertapuisi.blogspot.com menyampaikan ucapan - ucapan selamat memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia Untuk menyambut HUT RI ke 76 Tahun, MERDEKA!. Karena tahun 2021 ini sambutan peringatan hari Kemerdekaan Indonesia (Perayaan Ulang Tahun Pembacaan Proklamasi) jatuh pada tanggal 17 Agustus, bagaimana jika kita melihat beberapa rangkaian kata yang disusun oleh pemuda-pemudi bangsa dalam tulisan penuh makna yang dituangkan pada goresan puisi. Baberapa contoh dari kumpulan puisi-puisi mereka siapa tau dapat membuat kamu semangat dan merdeka berkarya untuk terus berprestasi, sebagai bentuk kecintaan terhadap Ibu Pertiwi, karena inilah salah satu tujuan dari mengapa Perayaan Ulang Tahun Pembacaan Proklamasi Kemerdekaan diperingati. yaitu Merdeka sejatinya baik berpendapat, berpendidikan, dll dan selalu bangkitkan jiwa merdeka tanpa melupakan kewajiban terhadap INDONESIA. Kita Indonesia dan Kita bisa, jaga terus kemerdekaan ini dari beragam bentuk perpecahan!!!.


Inilah beberapa contoh puisi hari Kemerdekaan Indonesia yang sertapuisi.blogspot.com kumpulkan dari berbagai sumber dengan karya-karya terbaik pemuda-pemudi Indonesia.


KUMPULAN PUISI-PUISI MENGANGKAT TEMA HARI KEBANGKITAN NASIONAL (PERAYAAN ULANG TAHUN PEMBACAAN PROKLAMASI) 17 AGUSTUS 2021

Semangat Indonesia Merdeka Di Tengah Pandemi

Karya: Nafa Adenia


Detik ini bangsa kita telah merdeka
Bangsa besar telah lahir
Terwujud dengar semangat para pejuang yangg terbayarkan dengan tetesan darah dan air mata


Namun,sejak engkau datang kami mengurung diri didalam rumah,mengunci pintu dan
jendela,menutup lubang angin,menutup segala yang terbuka dari rasa takut
Padahal kami tak tahu, engkau ada diluar atau didalam tubuh kami


Tetapi hidup kian membuat kita tak ramah
Banyak yang susah tambah susah
Yang bekerja pun harus dibuat gelisah
Sandang pangan dan kebutuhan berpacu dengan pembatasan
Mencari kian tak tau arah dan tujuan


Hingga detik ini ribuan nyawa telah melayang
Sebuah harga yang harus dibayar
Demi terwujudnya satu kata MERDEKA


Tetap Semangat, semua pasti ada jalanya, semoga pandemi corona ini cepat berlalu dan kita
semua kembali beraktivitas seperti biasanya, Semangatt Kawan!!!


Aku Melihat Indonesia

Karya: dari buku “Bung Karno dan Pemuda”, hlm. 68-107


Jikalau aku berdiri di pantai Ngliyep
Aku mendengar Lautan Hindia bergelora
membanting di pantai Ngliyep itu
Aku mendengar lagu, sajak Indonesia


Jikalau aku melihat
sawah-sawah yang menguning-menghijau
Aku tidak melihat lagi
batang-batang padi yang menguning menghijau
Aku melihat Indonesia


Jikalau aku melihat gunung-gunung
Gunung Merapi, Gunung Semeru, Gunung Merbabu
Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Kelebet
dan gunung-gunung yang lain
Aku melihat Indonesia


Jikalau aku mendengarkan
Lagu-lagu yang merdu dari Batak
bukan lagi lagu Batak yang kudengarkan
Aku mendengarkan Indonesia


Jikalau aku mendengarkan Pangkur Palaran
bukan lagi Pangkur Palaran yang kudengarkan
Aku mendengar Indonesia


Jikalau aku mendengarkan lagu Olesio dari Maluku
bukan lagi aku mendengarkan lagu Olesio
Aku mendengar Indonesia


Jikalau aku mendengarkan burung Perkutut
menyanyi di pohon ditiup angin yang sepoi-sepoi
bukan lagi aku mendengarkan burung Perkutut
Aku mendengarkan Indonesia


Jikalau aku menghirup udara ini
Aku tidak lagi menghirup udara
Aku menghirup Indonesia


Jikalau aku melihat wajah anak-anak
di desa-desa dengan mata yang bersinar-sinar
“Pak Merdeka; Pak Merdeka; Pak Merdeka!”
Aku bukan lagi melihat mata manusia
Aku melihat Indonesia

https://sertapuisi.blogspot.com/
gambar kata ucapan selamat hari Kemerdekaan Indonesia 17/8/2021



SEMANGAT PEMUDA UNTUK MEMERDEKAKAN INDONESIAKU

Karya: penulis sertapuisi.blogspot.com


Kita adalah adalah pemuda terbaik bangsa
Dengan semangat bersumpah menjaga persatuan
Hari ini tak ada kata Merdeka, merdeka, dan merdeka
Karena pemuda terbaik Indonesia kini lebih mencontoh dengan gerakan bukan ucapan


Tak peduli siapa engkau dan siapa mereka
Jika kau adalah aku
Maka jaga sumpah pemuda yang dulu pemuda Indonesia Ikrarkan
Berjanjilah dengan sumpah setia pada Negara
Karena kau dan aku adalah Indonesia


Gelorakan semangat pemuda dalam diri kita
Kita adalah Indonesia
Inilah sesungguhnya kemerdekaan Indonesiaku
Inilah Semangat Sumpah Pemuda diriku untuk negeri bernama INDONESIA


INDONESIAKU

Karya : Anes Moca


Kuikrarkan sumpahku
Padamu Indonesiaku
Jiwaku dan segalaku untukmu
Demi menjunjung tinggi kehormatanmu


Wahai para pemuda pendahulu
Sumpahmu abadi dalam jiwaku
Meraung keras di seluruh penjuru
Kobarkan semangat demi Indonesiaku


Kini amanatmu tertanam di jiwaku
Untuk melanjutkan perjuanganmu
Mewujudkan bangsa yang bersatu
Demi negara tercinta Indonesiaku


Punya karya sendiri untuk kata, puisi serta pantun dengan tema hari Kemerdekaan atau HUT Republik Indonesia, baik yang singkat maupun panjang? bagikan dikolom komentar agar kami kumpulkan sebagai referensi pengunjung sertapuisi.blogspot.com.

Post a Comment for "KUMPULAN PUISI-PUISI MENGANGKAT TEMA HARI KEMERDEKAAN INDONESIA"