SAMBUT RAMADHAN, INILAH KATA KATA SERTA UCAPAN SELAMAT BERPUASA TERBARU

sertapuisi.blogspot.com - Waktu berjalan begitu cepat, tak terasa bulan Ramadhan telah datang kembali kepada kita. Marilah kita sambut Bulan Suci Ramadhan ini dengan penuh suka cita seraya mengucapkan "Marhaban Ya Ramadhan" Selamat Datang Wahai Bulan Suci Ramadhan.


Ibadah puasa adalah kewajiban yang diperintahkan Allah SWT kepada hambaNya yang beriman sejak umat terdahulu, sesuai firman Allah SWT dalam Al-Qur'an surat al-Baqarah ayat 183 :
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Yang artinya :
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa".


Walaupun banyak sekali terdapat Tradisi Sambut Ramadhan di Nusantara. Dalam kesempatan ini telah menjadi tradisi segenap kaum muslimin dan muslimat di seluruh tanah air, saling mengingatkan untuk meningkatkan amal ibadah kita di bulan Suci ini, dengan melaksanakan ibadah puasa di siang hari dan melaksanakan shalat tarawih, tadarus Al-Qur'an, dan ibadah-ibadah lainnya. Peningkatan ibadah tersebut juga dilakukan dengan meningkatkan berbagai kegiatan kebajikan terhadap sesama manusia. Jadi sudah selayaknya sebagai muslim untuk menyiapkan diri secara fisik dan mental untuk menyambut bulan yang penuh berkah dan maghfirah ini.


SAMBUT RAMADHAN : INILAH KATA KATA SERTA UCAPAN SELAMAT BERPUASA TERBARU


Sebagaimana diketahui bahwa Allah SWT akan melipatgandakan pahala amal ibadah seseorang di bulan Ramadhan ini.


Rasulullah SAW bersabda yang Artinya: " Barang siapa mendekatkan diri kepada Allah dengan perbuatanperbuatan sunah di bulan Ramadhan Allah samakan pahalanya dengan ibadah fardhu di luar Ramadhan. Dan barang siapa yang melaksanakan ibadah fardhu di Bulan Ramadhan, Allah samakan pahalanya dengan 70 fardhu di luar Ramadhan". (HR. Thabrani)


Pada hadits lain yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Nasai, bahwa menurut Utbah Bin Farqad ada seorang laki-laki yang menjadi tamunya berkata; ia mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Bahwa di Bulan Ramadhan ini pintu-pintu neraka ditutup, dibukanya pintu-pintu Syurga, dan dibelenggunya syaitan-syaitan sebagaimana Rasulullah SAW mengatakan bahwa malaikat akan berseru yang artinya : "Wahai Pecinta kebaikan bergembiralah dan Pecinta kejahatan hentikanlah sampai Ramadhan berakhir". ( H.R. Ahmad bin Nasai)


Upaya peningkatan amal ibadah di bulan Ramadhan ini tidak semata-mata dari sisi kuantitasnya tapi yang tidak kalah pentingnya adalah peningkatan amal ibadah kita dari sisi kualitasnya. Sebab apabila hanya memperbanyak dari sisi kuantitasnya dikhawatirkan kita akan masuk dalam kategori yang disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW yang artinya Artinya : " Betapa banyak orang yang berpuasa tapi tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya itu kecuali lapar dan dahaga".


Tentu banyak sekali ucapan-ucapan dan amalan-amalan dalam menyambut bulan puasa Ramadhan, selain dari amalan tersebut telah menjadi tradisi di Dunia dan Indonesia sebelum menjalankan ibadah puasa untuk menghormati umat Islam yang sedang melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan ini, dan memelihara kesucian dan kedamaian bulan yang penuh berkah ini. Terdapat pula tradisi saling meminta maaf dengan saling mengirim ucapan selamat berpuasa di bulan Ramadhan.


Kurang jelas asal usul dari tradisi ini, namun selagi itu untuk menghargai dan ikut menjaga kekhusyuan umat Islam dalam menjalankan ibadah puasa serta tidak mengganggu kesucian bulan Ramadhan tentu bukan masalah. Ucapan-ucapan yang dikirimpun tentu beragam mulai dari doa menyambut ramadhan sesuai sunnah dan harapan hingga permohonan maaf atas kesalahan kepada teman, pacar tersayang bahkan untuk mantan terindah. Ini juga kadang memaknai Suasana Ramadhan sebagai bulan yang penuh kedamaian, penuh rahmat, dan penuh ampunan Allah SWT.


Oleh sebab itu sertapuisi ucapkan Semoga dengan datangnya bulan suci Ramadhan 1443 H Tahun 2022 ini, Allah SWT memberkati Bangsa dan Negara Indonesia serta senantiasa ada dalam ridho-Nya.


Sebagai sambutan untuk bulan bulan suci Ramadhan 1443 H Tahun 2022 selain sertapuisi mengucapkan "Selamat Menjalankan Ibadah Puasa, semoga Allah SWT menerima segala amal ibadah kita."  Berikut ini beberapa contoh kata-kata serta ucapan selamat berpuasa terbaru dalam sambut Ramadhan 2022 Tahun 1443 H.


https://sertapuisi.blogspot.com/


RAMADHAN

Ramadhan, dalam bahasa Inggis Ramadan atau Ramzan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam. Dalam pengertian Bulan Puasa Ramadhan adalah bulan kesembilan dari kalender Islam. Ini adalah bulan di mana umat Islam menjalankan puasa dari senja pagi (untuk Jadwal Imskiyah) hingga senja malam (untuk Jadwal Maghrib). Istilah Ramadhan secara harfiah berasal dari kata Arab al-Ramd yang berarti 'membakar panas matahari'. Dipercaya bahwa nama ini diberikan pada bulan puasa karena kehausan yang dialami selama puasa.


Diriwayatkan dalam sejarah Islam bahwa nama itu diberikan pada bulan puasa karena puasa membakar dosa. Menurut beberapa riwayat 'Ramadhan' adalah salah satu Nama Allah dan karenanya cara yang lebih tepat untuk merujuk pada bulan puasa adalah dengan mengatakan "Bulan Ramadhan", bukan hanya ucapan Ramadhan.


Namun kita harus ingat bahwa istilah 'Ramadhan' tanpa awalan 'bulan' disebutkan dalam banyak Hadits dengan mengacu pada bulan puasa. Oleh karena itu, tampaknya rekomendasi untuk ucapan 'bulan Ramadhan' adalah sehubungan dengan peristiwa turunnya Al-quran sebagaimana disebutkan dalam Surat Al-Baqarah ayat 185 yang artinya:


(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.



dan sebagai kehormatan untuk bulan suci ini, banyak disebut dalam kata-kata Nabi muhammad SAW dalam berbagai hadits.


MENGAPA MUSLIM BERPUASA?

Puasa dimaksudkan untuk membawa umat beriman lebih dekat kepada Allah dan untuk mengingatkan kita tentang penderitaan orang yang kurang beruntung. Ramadhan adalah waktu untuk melepaskan diri dari kesenangan duniawi dan fokus pada bathin diri seseorang.


Itu dilihat sebagai cara untuk memurnikan fisik dan spiritual, menahan diri dari kebiasaan seperti merokok dan kafein. Umat Muslim sering menyumbang untuk amal selama bulan itu dan memberi makan mereka yang lapar. Banyak yang menghabiskan lebih banyak waktu di masjid selama bulan Ramadhan dan menggunakan waktu berpuasa mereka untuk membaca Al-Qur'an.


CARA MENYAMBUT BULAN RAMADHAN

Bagi Umat Muslim yang beriman Puasa Ramadhan adalah Rukun Islam. Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (yaitu) dalam beberapa hari tertentu. Barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajib baginya mengganti) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barang siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur. (Terjemahan dari Al-Quran Surat Al Baqarah 183-185).


Ramadhan adalah bulan di mana diturunkan Al-Qur'an, sebagai panduan bagi umat manusia, juga pedoman untuk bimbingan dan penilaian antara benar dan salah. Jadi setiap muslim diwajibkan selama bulan itu harus menghabiskannya dalam puasa, tetapi jika ada yang sakit, atau dalam perjalanan, periode yang ditentukan harus diganti beberapa hari kemudian. Ini menandakan kemuliaan dan kemurahan Allah SWT; Dia tidak ingin membuat Anda kesulitan. Allah menginginkanmu untuk menyelesaikan periode yang ditentukan, dan untuk memuliakan Allah karena Allah telah membimbingmu; dan mungkin kamu akan berterima kasih. Sebagaimana Firman Allah dalam Al'Quran Surat Al-Baqarah ayat 186 "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdo'a kepada-Ku. Maka hendaklah mereka memenuhi (perintah-Ku) dan beriman kepada-Ku, agar mereka mendapat petunjuk."


Allah SWT memberi kita kesempatan lain dalam hidup kita untuk menyaksikan bulan Ramadhan. Ramadhan adalah saat yang luar biasa atas rahmat dan rahmat Allah. Setiap Muslim harus mengambil hikmah serta keuntungan penuh saat ini. Kita harus bersiap sekarang untuk menyambut bulan ini dan menerimanya dengan bahagia. Berikut ini beberapa cara untuk menyambut bulan ini:


1. Amalan-Amalan dan Doa Khusus

Berdoalah dengan amalan khusus sebagai ungkapan syukur kepada Allah bahwa bulan ini mencapai Anda saat Anda berada dalam kesehatan dan keselamatan terbaik sehingga Anda dapat berpuasa dan melakukan semua amalan juga ibadah berpuasa dengan mudah dan antusias. Sebagaiman Hadits riwayat Anas bin Malik bahwa Nabi Muhammad SAW mengatakan dari awal Rajab dalam doanya:


Ya Allah memberkati kita di Rajab, memberkati kita di Sha'ban dan memberkati kita di bulan Ramadhan. - Musnad Ahmad, 2228



2. Terima kasih dan Bahagia

Ketika bulan datang, maka Anda harus berterima kasih kepada Allah dan menunjukkan kebahagiaan. Para sahabat Nabi Muhammad SAW menggunakan untuk saling menyapa juga memaafkan di awal Ramadhan.


3. Perencanaan dan Penentuan

Anda harus membuat rencana yang baik untuk sebulan penuh tentang bagaimana Anda akan mengatur hari dan malam hari selama bulan Ramadhan. Rencanakan jadwal khusus untuk pekerjaan Anda sehingga Anda dapat sholat tepat waktu, membaca Al-Qur'an dan membawa Sahur dan berbuka puasa tepat waktu. Selain memiliki jadwal Imsakiyah, milikilah niat dan tekad yang tulus untuk memanfaatkan sepenuhnya saat ini. Juga memiliki tekad dan komitmen penuh bahwa Anda tidak akan melakukan dosa atau kesalahan apa pun selama waktu ini. Buatlah pertobatan yang tulus dan mencari pengampunan dari orang-orang yang mungkin Anda sakiti. Dengan cara ini Anda bisa mendapat manfaat lebih banyak dari puasa dan doa Anda.


4. Pelajari tentang Rukun Berpuasa:

Mempelajari rukun atau ketentuan puasa sangat penting agar Anda tidak melakukan apa pun yang akan merusak puasa. Dalam pengertian pelajari cara Nabi Muhammad SAW dalam puasa. Itu cara terbaik. Puasa tidak hanya dimanjakan dengan makan dan minum selama puasa, tetapi juga dengan mengucapkan kata-kata buruk dan melakukan hal-hal yang salah.


5. Amal, Kedermawanan, dan Kebaikan

Bulan Ramadhan adalah bulan kebaikan, amal dan kemurahan hati. Rencanakan untuk mengundang tetangga, rekan kerja, teman, Muslim, dan non-Muslim Anda untuk berbuka bersama. Beri tahu teman dan tetangga non-Muslim Anda tentang bulan ini dan berkahnya. Jadilah lebih murah hati dan bantulah yang miskin dan membutuhkan. Rencanakan untuk memberikan Zakat dan Shadaqat Anda saat ini dan bantu orang lain sebanyak yang Anda bisa.


UCAPAN SELAMAT BERPUASA DI BULAN SUCI RAMADHAN

Jika Anda ingin mengucapkan selamat kepada teman, pacar tersayang, anak, suami, isteri, keluarga bahkan untuk mantan terindah secara singkat namun bermakna Anda dapat mengatakan, "Selamat Ramadhan!" atau "Selamat berpuasa Ramadhan!". Tetapi jika Anda ingin mengucapkan selamat berpuasa, sahur maupun berbuka puasa kepada mereka tentu ucapan-ucapannya dapat dikreasikan entah itu lebih menyentuh dihati, lucu sampai ucapan selamat berpuasa dibulan suci Ramadhan terbaik.

Untuk contoh kumpulan ucapan selamat datang bulan suci Ramadhan, ucapan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan, ucapan selamat berbuka puasa ramadhan, ucapan selamat sahur Ramadhan 2019 dengan kata kata ucapan selamat yang keren dapat Anda kirim ke status Facebook, Caption Instagram maupun gambar DP WhatsApp dapat mengunjungi.

Baca:





KATA KATA BIJAK UNTUK SAMBUT RAMADHAN

Ramadhan, pada intinya, adalah bulan spiritualitas humanis untuk orang yang bertakwa.


Filosofi puasa mengajak kita untuk mengenal diri kita sendiri, untuk menguasai diri kita sendiri, dan untuk mendisiplinkan diri kita lebih baik untuk membebaskan diri kita sendiri. Puasa adalah mengidentifikasi ketergantungan kita, dan membebaskan diri kita dari mereka.


Berikut ini contoh kumpulan kata-kata mutiara, kata-kata bijak, kata-kata motivasi, kata kata inspirasi yang sertapuisi kutip dari ayat Al-Qur'an, dan sumber lainnya, semoga dalam menyambut ramadhan 2019 sebelum malaksanakan puasa kata-kata ini dapat menjadi refleksi sebelum datang bulan suci Romadhon


Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan. - Surat An-Nahl Ayat 128



(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.
- Terjmahan Al-Qur'an Surat al-Baqarah  ayat 185


Kata-kata Selamat untuk Anda di bulan Ramadhan

Semoga bulan suci penuh cahaya menjadi pertanda sukacita dan kemakmuran. Karena kesempatan suci puasa Ramadhan ada di sini, dan suasananya dipenuhi dengan semangat kegembiraan dan cinta, di sini berharap bulan suci Ramadhan ini membawa jalan Anda kembali menuju keimanan, kilau kepuasan yang cerah, yang tetap menyertai Anda selama hari-hari mendatang. Doa dan ucapan selamat berpuasa untukmu di bulan Ramadhan teman terbaik.

Ucapan Ramadhan Terbaik

Semoga Ramadhan ini menjadi seterang biasanya. Semoga Ramadhan ini membawa sukacita, kesehatan, dan kekayaan bagi Anda. Semoga bulan penuh cahaya mencerahkan Anda dan orang-orang yang dekat dan Anda sayangi hidup. Semoga Ramadhan ini membawakanmu kebahagiaan dan cinta yang paling cerdas dan terpilih yang pernah kamu harapkan. Semoga Ramadhan ini memberi Anda yang terbaik dalam kedamaian dan kemakmuran. Semoga cahaya menang atas kegelapan. Semoga perdamaian melampaui bumi. Semoga roh cahaya menerangi dunia. Semoga cahaya yang kita rayakan di bulan Ramadhan, menunjukkan kita jalan dan memimpin kita bersama, di jalan damai dan harmoni sosial. sertapuisi mengucapkan selamat berpuasa dan Semoga Ramadhan Anda mendapat berkah dan doa terbaik unukmu pacarku tersayang.


Ucapan Selamat Datang Bulan Suci Ramadhan 2019

Dia adalah satu-satunya Tuhan;
Pencipta, Pemrakarsa, Perancang.
Kepunyaan nama-nama yang paling indah ...
Dia adalah Yang Mahakuasa, Maha Bijaksana.
Marhaban Yaa Ramadhan Selamat datang Bulan suci penuh ampunan, Semoga Anda mendapatkan Ramadhan yang diberkati ...!

Bulan Suci Ramadhan tiba
Saat bulan sabit terlihat, dan bulan suci Ramadhan dimulai.
Semoga Allah memberkati Anda dengan kebahagiaan dan rahmat rumah Anda dengan kehangatan & kedamaian.

Selamat datang Ramadhan.
Teman! Berjalanlah dengan rendah hati,
Bicaralah dengan sopan,
Berpakaian rapi,
Perlakukan dengan ramah,
Berdoalah dengan sepenuh hati,
Donasi dengan murah hati,
Semoga Allah memberkati dan melindungi Anda!


Status Ramadhan untuk Facebook dan WhatsApp

Semoga Allah membantu kita dalam bulan Ramadhan ini untuk mendekat kepada-Nya.


Semoga Anda selalu berada di tangan Allah SWT yang penuh kasih. sertapuisi mengucapkan selamat berbuka puasa di bulan puasa Ramadhan.


Semoga Anda Selalu Diberkati dengan Cinta Dan Perlindungan Allah. Semoga Ramadhan Anda penuh kebahagiaan.


sertapuisi mengucapkan selamat berpuasa mari sambut Ramadhan ini dengan sukacita dan semoga Anda dikaruniai berkah dari Allah dan banyak momen berharga yang berharga.


Mari sambut bulan ini penuh dengan berkah dan kebijaksanaan serta mari laksanakan amalan yang sebaiknya dilakukan untuk sambut Ramadhan 2022. Semoga kebesaran Allah memenuhi harapan dan impian Anda.


Semoga Ramadhan membawa Anda kedamaian dan kemakmuran, kesehatan dan kekayaan yang baik, dan mencerahkan hidup Anda selamanya. Selamat berpuasa kekasih tercinta!


Sesungguhnya, Allah tidak memandang ke arah tubuh Anda atau ke arah penampilan Anda. Tapi, dia melihat ke arah hatimu. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 2022!


Dia adalah satu-satunya Tuhan, Pencipta, Inisiat, Perancang. Kepunyaan-Nya nama-nama yang paling indah ... Dialah Allah Yang Mahakuasa, Maha Bijaksana. Semoga Anda mendapatkan Ramadhan yang diberkahi!, Selamat malaksanakan ibadah puasa Ramadhan 2022!


itulah dari sertapuisi.blogspot.com tentang sambut Ramadhan, berupa kata kata pesan bijak serta ucapan selamat berpuasa terbari di tahun 2022 1443 Hijriyah, sekali lagi ini hanyalah cara untuk kembali memfokuskan diri pada ketakwaan dan amal untuk umat manusia.

Post a Comment for "SAMBUT RAMADHAN, INILAH KATA KATA SERTA UCAPAN SELAMAT BERPUASA TERBARU"