PENGERTIAN SERTA DEFINISI SAJAK

Karya Sastra Persajakan sertapuisi.blogspot.com, Mungkin kita pernah mendengar atau membaca teks yang dimana kalimat dan kata-katanya selalu berirama, entah di awalnya, tengahnya, akhirnya. Bahkan disetiap akhirannya. Banyak kita jumpai “mereka” tentu dalam teks pantun, puisi, serta lainnya bukan? Karena terkadang dengan irama yang sama mampu menghasilkan kenikmatan dalam membaca dan menafsirkan kata-kata yang telah disusun didalamnya. Kurang lebih itulah sajak. Apa sih sajak itu sebenarnya? Hari ini sertapuisi.blogspot.com akan menjelaskan apa itu pengertian sajak?.


Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) kata “sajak” secara Bahasa yakni gubahan sastra yang berbentuk puisi, dan secara istilah sajak merupakan bentuk karya sastra yang penyajiannya dilakukan dalam baris-baris yang teratur dan terikat, yang sangat mementingkan keselarasan bunyi bahasa, baik kesepadanan bunyi, kekontrasan, maupun kesamaan.


Secara umum Sajak Sebagai puisi modern yang bentuknya bebas daripada puisi dan syair dengan pemilihan kata-kata yang indah (sesuai dengan pesan dan nada puisi). Berikut beberapa penjelasan definisi beserta pendapat para ahli tentang sajak.

https://sertapuisi.blogspot.com/

Sajak Menurut Robert C. Pooley

Robert C. Pooley pernah menyatakan bahwa “orang yang menutup telinga terhadap sajak akan terpencil daripada satu wilayah yang penuh harta kekayaan berupa pengertian tentang manusia”.


Sajak Menurut Gerson Poyk

Sedangkan Gerson Poyk berpendapat: “Dunia ini sebenarnya absurd sehingga manusia tidak dapat mengerti akan dunia ini sepenuhnya dan tugas penyair tentunya berusaha menggali rahasia kehidupan yang penuh misteri ke dalam bait sajak mereka.”


Sajak Menurut H.B. Jassin

Menurut H.B. Jassin, sajak itu adalah suara hati penyairnya, sajak lahir daripada jiwa dan perasaan tetapi sajak yang baik bukanlah hanya permainan kata semata-mata. Sajak yang baik membawa gagasan serta pemikiran yang dapat menjadi renungan masyarakat.


Sajak Menurut Abdul Hadi W.M

Abdul Hadi W.M. menjelaskan bahwa sajak itu ditulis untuk mencari kebenaran. Katanya lagi, “dalam sajak terdapat tanggapan terhadap hidup secara batiniah”. Oleh itu bagi beliau, di dalam sajak harus ada gagasan dan keyakinan penyair terhadap kehidupan, atau lebih tepat lagi, nilai kemanusiaan.


Sajak Menurut Muhammad Haji Salleh

Muhammad Haji Salleh pula mengatakan sajak sebagai satu bentuk moden yang lebih bebas dari ikatan bentuk-bentuk tradisi.


Sajak Menurut Hashim Awing

Menurut Hashim Awing, sajak merupakan puisi baru yang popular, lahir sebagai alternative kepada puisi tradisional. Ini keranan bentuknya tidak terikat dengan sebarang kontroversi dan lebih bebas.


Sajak Menurut Atmazaki

Atmazaki berpendapat sajak adalah sejenis karya satera yang segala-galanya dipesat dan dipadatkan, serta kesatuan bahasa di dalam sajak tidak terlihat oleh logik sintaktik.


KESIMPULAN

Dari pendapat-pendapat para ahli yang disebutkan sertapuisi.blogspot.com dapat disimpulkan bahwa definisi sajak secara umum tentu bisa kita temukan keindahan baik dalam nada, pesan dan untaian kata-katanya. Ini mendefinisikan bahwa sajak adalah persamaan bunyi. Persamaan yang terdapat pada kalimat atau perkataan, di awal, di tengah, dan di akhir perkataan. Walaupun sajak bukan menjadi syarat khusus bagi sesuatu puisi lama, tetapi pengaruhnya sangat mengikat kepada baentuk serta pilihan kata dalam puisi itu.


Pada umumnya sajak adalah ekspresi tentang pengalaman manusia secara imaginatif dan terjalin di dalam bentuk-bentuk struktur yang tidak terkawal serta mempunyai bahasa yang indah untuk menemukan nilai rasa dan nilai erti yang seimbang. Ciri utama sajak seperti juga cerpen, novel dan drama mengandungi unsur-unsur emosi, imaginatif, dan akal budi.


Secara umumnya, sajak merupakan karangan berangkap, bentuk bebas yang sudah menyimpang daripada bentuk puisi lama. Sajak tidak dilihat dengan jumlah kata, baris atau skema rima, namun ia amat mementingkan bahasanya sehingga menimbulkan kesan dan nilai estetika yang tinggi. Sajak juga dianggap sebagai kata-kata yang terbaik dalam susunan yang terbaik seperti yang diungkap dalam tulisan sertapuisi.blogspot.com.


Maka dengan unsur keindahan itulah yang menjadi latar belakang hadirnya blog ini. Menciptakan keindahan dan membagikannya kepada mereka yang mencari kebahagian pula. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam berbahasa dan berkata bersama blog sertapuisi.blogspot.com.

Post a Comment for "PENGERTIAN SERTA DEFINISI SAJAK"